Rabu 11 Oct 2023 18:15 WIB

Kaesang: Kalau Jadi Wali Kota, Harus Fokus di Depok, Padahal Ada Indonesia Harus Diurus

Kaesang mengaku ingin fokus urus PSI terlebih dahulu.

Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep
Foto: ANTARA FOTO/ SIGID KURNIAWAN
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan bahwa pihaknya belum mempertimbangkan untuk mencalonkan diri menjadi Wali Kota Depok karena ingin fokus mengurus Indonesia secara keseluruhan daripada hanya daerah tertentu.

"Nanti ya, ibu-ibu.... Kalau saya jadi Wali Kota Depok, mau tidak mau harus fokus nanti di Depok saja, padahal ada Indonesia yang sebenarnya harus diurus,” ujar Kaesang saat bertemu dengan Kelompok Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Solidaritas Merah Putih (Solmet) di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Kaesang mengemukakan hal itu ketika merespons teriakan dari sukarelawan, terutama kaum hawa, yang mendukung agar dirinya maju menjadi Depok 1 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengatakan bahwa ia ingin fokus mengurus partainya terlebih dahulu, terutama karena PSI sebagai partai baru memiliki target untuk mendapatkan kursi di parlemen yang ambang batasnya (parliamentary threshold) mencapai 4 persen.

"Kalau di partai 'kan saya bisa mengurus keseluruhan, bisa mengurus setiap orang di setiap posnya," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kaesang memohon doa restu sukarelawan Solmet agar dapat memenuhi ambang batas parlemen tersebut dan menjadikan PSI sebagai partai yang besar pada masa mendatang. "Mohon doa restunya agar kami bisa masuk Senayan pada tahun 2024," katanya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024.

Dalam sebuah video singkat yang beredar Juni lalu, Kaesang menyatakan siap maju menjadi Depok Pertama. Namun, dia tak menjelaskan apa maksud pernyataan itu.

"Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah dapat izin dan restu dari keluarga saya. Insyaallah, dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok Pertama. Mohon dukungannya, merdeka," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Al-A'raf ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement