Jumat 13 Oct 2023 13:28 WIB

Pengamat: Mesin Politik PDIP Sudah Bergerak di Banten

PDIP mengeklaim Ganjar Pranowo disukai masyarakat Banten.

Red: Agus raharjo
Ganjar Pranowo menikmati malam hari di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan mendatangi kawasan Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga, pada Selasa (3/10/2023) malam.
Foto: Dok. Web
Ganjar Pranowo menikmati malam hari di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan mendatangi kawasan Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga, pada Selasa (3/10/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, mesin politik PDIP terkonsolidasi dengan baik di Banten. Menurutnya, hal itu membuat elektabilitas bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo mengalami peningkatan pada simulasi tiga nama berdasarkan data sosio-demografi Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Data sosio-demografi LSI dalam tiga bulan terakhir menunjukkan elektabilitas Ganjar mengalami tren peningkatan. Elektabilitas Ganjar (39,2 persen) pada akhir September mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto (37,9 persen) dan Anies Rasyid Baswedan (19,8 persen).

Baca Juga

"Ini menunjukkan hasil-hasil kerja politik partai pengusung bekerja dengan baik. Itu bisa dilihat saat beberapa bulan lalu Sekjen PDIP Hasto (Kristiyanto) dan PPP mengepung Banten untuk menggerakkan mesin politik," kata Ujang dalam keterangan, Kamis (12/10/2023).

Ujang menambahkan, ada peran sosok Rano Karno yang ikut berkontribusi meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo di Banten. Menurutnya, selain artis senior, Rano Karno juga memiliki pengalaman politik di Banten.

"Kemungkinan besar iya (peran Rano Karno-Red) karena dia salah satu tokoh kuncinya. Bisa jadi karena dia kan dulu wakil bupati, wakil gubernur, pernah jadi gubernur, lalu anggota DPR dari Banten," ujar Ujang.

Direktur Eksekutif Index Politica Indonesia Denny Charter menilai mesin politik PDIP dan peran Rano Karno penting dalam peningkatan elektabilitas Ganjar Pranowo di Banten. Denny menjelaskan dalam survei Pilkada Banten 2024 yang dirilis lembaganya menunjukkan Rano Karno memiliki elektabilitas sekaligus popularitas tertinggi sebesar 85,56 persen. Posisi Ran Karno diikuti nama Wahidin Halim dan Airin Rachmi Diany yang menjadi tiga besar elektabilitas bakal calon gubernur Banten.

"Bisa jadi karena parpol, hanya PDIP sementara ini yang sudah bergerak dan kader-kadernya juga sudah bergerak. Popularitas Rano Karno pasti akan berpengaruh terhadap elektabiltas Ganjar di Banten, termasuk kerja-kerja di mesin politik PDI Perjuangan," katanya.

Sementara, Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Banten Ade Sumardi mengeklaim, selain kader partai, relawan Ganjar, dan partai pengusung, figur Ganjar Pranowo sendiri juga disukai masyarakat Banten.

"Terhadap beliau (Ganjar Pranowo) ya masyarakat Banten, setelah kita telusuri ke bawah, ternyata tingkat kesukaan rakyat kepada Pak Ganjar sangat luar biasa, sangat menyukai. Juga teman-teman PDI Perjuangan, juga partai pengusung yang mengkampanyekan Ganjar, termasuk peran para relawan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement