Kamis 26 Oct 2023 02:23 WIB

Hati-Hati, Ini Ciri Email yang Berbahaya

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi email yang berpotensi berbahaya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Pengguna tetap harus waspada terhadap email-email yang mencurigakan./ilustrasi
Foto: Dok. Web
Pengguna tetap harus waspada terhadap email-email yang mencurigakan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meskipun jumlah kasus serangan semacam ini mungkin belum mengkhawatirkan, pengguna tetap harus waspada terhadap email yang mencurigakan. 

Dilansir Gadgets Now pada Rabu (25/10/2023), Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi email yang berpotensi berbahaya:

Baca Juga

1. Kode QR di dalam email seharusnya menjadi peringatan pertama. Jika ada kode QR dalam email, anggap email tersebut berpotensi berbahaya.

2. Email palsu sering kali berisi peringatan atau pemberitahuan mendesak, seperti pernyataan bahwa kata sandi akun Anda akan segera kedaluwarsa dan Anda mungkin kehilangan akses ke kotak surat. Email tersebut sering menyertakan kode QR yang mungkin membawa Anda ke situs web yang berbahaya.

3. Email semacam itu sering menawarkan solusi yang sangat cepat dan mudah. Mereka mungkin berjanji bahwa masalah dapat diatasi hanya dengan memindai kode QR.

4. Email yang mengklaim berasal dari sumber yang tepercaya juga harus dilihat dengan skeptis. Email seperti itu sering kali mengandung kata-kata yang mengintimidasi untuk memaksa calon korban agar percaya bahwa mereka menghadapi masalah serius.

Karena tidak ada sistem autentikasi yang dapat diandalkan untuk memeriksa keaslian kode QR, menghindari memindainya adalah langkah bijak. Pengguna harus selalu berhati-hati dan waspada, terutama jika sebuah situs web meminta mereka untuk memasukkan informasi pribadi. Jika ada keraguan, amankan diri dengan mengasumsikan bahwa Anda mungkin berurusan dengan serangan phishing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement