Selasa 31 Oct 2023 08:32 WIB

Danamon Cetak Laba Bersih Rp 2,6 Triliun Hingga Kuartal III 2023

Pendapatan Operasional meningkat tujuh persen yoy menjadi Rp 13,3 triliun.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Gedung Bank Danamon. PT Bank Danamon Indonesia Tbk mencatatkan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi Rp 2,6 triliun selama Januari-September 2023.
Foto: Bank Danamon
Gedung Bank Danamon. PT Bank Danamon Indonesia Tbk mencatatkan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi Rp 2,6 triliun selama Januari-September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk mencatatkan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi Rp 2,6 triliun selama Januari-September 2023. Net Interest Margin (NIM) berhasil tumbuh 26 basis poin (bps) year on year (yoy), dengan Pendapatan Operasional meningkat tujuh persen yoy menjadi Rp 13,3 triliun.

"Kami akan terus mempertahankan dan berusaha melampaui pencapaian ini ke depannya," kata Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Daisuke Ejima melalui siaran pers, Senin (30/10/2023). 

Baca Juga

Total Kredit dan Trade Finance tumbuh 18 persen yoy atau mencapai Rp 166,2 triliun, didukung oleh pertumbuhan kredit yang lebih kuat di semua segmen bisnis. Kontributor terbesar dari jumlah loan portfolio adalah Kredit segmen Enterprise Banking & Financial Institution yang mencapai Rp 75,6 triliun, tumbuh 14 persen yoy.

Kemudian kredit yang berasal dari pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berkontribusi sebesar Rp 52,8 triliun, tumbuh 26 persen yoy. Pembiayaan baru Adira Finance tumbuh sebesar 39 persen yoy. 

Kredit Konsumer mencapai tingkat pertumbuhan tertinggi sebesar 31 persen yoy mencapai Rp 15,3 triliun. Sedangkan Kredit UKM menunjukkan pertumbuhan 10 persen yoy. Di tengah kondisi suku bunga yang tinggi, Danamon dapat mempertahankan pertumbuhan pendanaan granular sebesar sembilan persen yoy.

Danamon menyeimbangkan pertumbuhan kredit yang tinggi dengan manajemen kualitas aset yang memadai. Hal ini tercermin dari rasio Loan at Risk (LAR), termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi, berhasil turun menjadi 12,3 persen, membaik 190 bps yoy. 

Danamon juga meningkatkan cakupan Non-Performing Loan (NPL) mencapai 252,7 persen untuk mendukung pertumbuhan kreditnya. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ تَقُوْلُ لِلَّذِيْٓ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاَنْعَمْتَ عَلَيْهِ اَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللّٰهَ وَتُخْفِيْ فِيْ نَفْسِكَ مَا اللّٰهُ مُبْدِيْهِ وَتَخْشَى النَّاسَۚ وَاللّٰهُ اَحَقُّ اَنْ تَخْشٰىهُ ۗ فَلَمَّا قَضٰى زَيْدٌ مِّنْهَا وَطَرًاۗ زَوَّجْنٰكَهَا لِكَيْ لَا يَكُوْنَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ حَرَجٌ فِيْٓ اَزْوَاجِ اَدْعِيَاۤىِٕهِمْ اِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًاۗ وَكَانَ اَمْرُ اللّٰهِ مَفْعُوْلًا
Dan (ingatlah), ketika engkau (Muhammad) berkata kepada orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dan engkau (juga) telah memberi nikmat kepadanya, “Pertahankanlah terus istrimu dan bertakwalah kepada Allah,” sedang engkau menyembunyikan di dalam hatimu apa yang akan dinyatakan oleh Allah, dan engkau takut kepada manusia, padahal Allah lebih berhak engkau takuti. Maka ketika Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), Kami nikahkan engkau dengan dia (Zainab) agar tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk (menikahi) istri-istri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya terhadap istrinya. Dan ketetapan Allah itu pasti terjadi.

(QS. Al-Ahzab ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement