Rabu 01 Nov 2023 14:36 WIB

Sambut Piala Dunia U-17, DPRD: Momentum Dongkrak Ekonomi UMKM Surabaya

Desain logo untuk merchandise sudah ditentukan oleh pemkot.

Pekerja menyablon kaus bertema sepak bola di salah satu tempat produksi suvenir di Kendangsari, Surabaya, Jawa Timur, untuk menyambut Piala Dunia U-17.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Pekerja menyablon kaus bertema sepak bola di salah satu tempat produksi suvenir di Kendangsari, Surabaya, Jawa Timur, untuk menyambut Piala Dunia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya menilai gelaran akbar Piala Dunia U-17 menjadi momentum untuk mendongkrak perekonomian para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Pahlawan, Jawa Timur (Jatim).

"Ini merupakan kesempatan bagi UMKM Surabaya, untuk meningkatkan pendapatan. Karena ini momentum langka, yang belum tentu bisa terulang lagi," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Untuk itu, pihaknya meminta para pelaku UMKM bisa memanfaatkan momentum tersebut dengan memproduksi merchandise atau cendera mata maupun suvenir untuk menyemarakkan gelaran Piala Dunia U-17 yang bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Lebih lanjut Anas mengingatkan, supaya pelaku UMKM yang memproduksi merchandise memperhatikan kualitas dan diiringi dengan harga yang bersaing. "Kalau ini benar-benar dilakukan tentunya akan menarik minat pembeli. Biasanya dalam event langka, masyarakat yang membeli merchandise digunakan untuk koleksi," ujarnya.

Salah seorang pelaku UMKM Kendangsari, Mustika mengatakan, pihaknya sudah memproduksi merchandise berupa t-shirt, pouch, topi, payung, dan kipas.

"Merchandise ini kami produksi sendiri, setelah ditunjuk sebagai mitra oleh Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya mulai awal bulan ini," kata dia.

Mustika menjelaskan, desain logo untuk merchandise sudah ditentukan oleh pemkot. Namun pihaknya tetap diperbolehkan untuk berkreasi.

"Selama ini merchandise produksi kami dipasarkan lewat e-Peken dan platform belanja digital lainnya. Sedangkan untuk offline kami punya tenant di Kendangsari," ujarnya pula.

Lebih lanjut, Mustika mengatakan, untuk menarik pembeli, dirinya berpromosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau platform media sosial lainnya.

"Kami berharap saat pembukaan Piala Dunia U-17 di GBT tanggal 10 November nanti di berikan booth. Dengan begitu saya yakin sedikitnya 500 kaos bisa terjual," kata dia lagi.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopumdag) Surabaya Dewi Soeriyawati mengatakan, pihaknya berkomitmen menjaga kualitas barang produksi khususnya pembuatan cendera mata yang melibatkan pelaku UMKM.

"Event ini bukan main-main dan teman-teman UMKM insya Allah yang terbaik. Artinya sudah terbiasa mengerjakan suvenir untuk event besar," jelasnya lagi.

Saat ini, kata dia, puluhan pelaku UMKM mulai mempersiapkan beragam keperluan produksi pernak-pernik kejuaraan dunia sepak bola kelompok usia ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement