Kamis 02 Nov 2023 16:54 WIB

Kripto Jadi Pilihan Investasi yang Bagus? Tergantung Ini

Investasi kripto harus sesuai toleransi risiko masing-masing pelaku investasi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Investor memantau grafik perkembangan nilai aset kripto, di Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/3/2022).
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Investor memantau grafik perkembangan nilai aset kripto, di Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia, Yos Ginting, mengungkapkan, sejumlah fakta menarik dalam dunia investasi kripto. Meskipun begitu, Yos menekankan fakta menarik tersebut bukan sebagai nasihat finansial yang bisa digunakan menjadi patokan untuk melakukan transaksi investasi kripto.

Yos mengaku kerap kali mendapatkan pertanyaan mengenai bagus atau tidaknya kripto menjadi pilihan investasi. "Kalau ditanya ini, jawaban saya, tergantung. Karena volatilitasnya (kripto) sangat tinggi," kata Yos saat menjadi pembicara dalam seminar Teknologi Blockchain di FEB UI, Depok, Jawa Barat, yang disiarkan secara daring, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga

Yos mengakui pergerakan invetasi kripto sangat memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi. Dia menyebut, dalam satu hari di dunia kripto fluktuasinya bisa dua persen, 20 persen, 30 persen, atau bahkan lebih tinggi lagi.

"Fluktuasi ini tidak terjadi dalam instrumen investasi konvensional. Kalau bicara saham, aduh bisa 0,1 bisa luar biasa. Kalau kripto, lima atau 10 persen tetap saja nyetir santai," ungkap Yos.