Jumat 03 Nov 2023 05:45 WIB

Pengamat Sebut Potensi Anies Gerus Suara Prabowo di Sumatra Barat

Masyarakat Sumbar jelas akan memilih Anies karena besarnya perhatian Anies.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Bakal capres, Anies Baswedan.
Foto: Republika/ Febrian Fachri
Bakal capres, Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pengamat Politik Universitas Andalas, Asrinaldi, menilai bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, yang sudah tiga kali berkunjung ke Sumatra Barat sejak berstatus bacapres berpotensi menggerus suara saingannya, Prabowo Subianto. Pada helatan Pilpres 2014 dan 2019, Sumbar merupakan lumbung suara bagi Prabowo. Kini, menurut Asrinaldi, ada potensi suara Prabowo di Sumbar tergerus oleh Anies dan Muhaimin.

“Kedatangan Anies tentu membawa dampak pada keyakinan masyarakat Sumbar kepada dirinya yang maju sebagai calon presiden,” kata Asrinaldi, Kamis (2/11/2023).

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, kembali bersafari politik di Sumatera Barat pada Rabu dan Kamis (1-2/11/2023). Anies berkunjung ke Kabupaten Padang Pariaman, Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang.

Ini merupakan ketiga kalinya mantan Gubernur DKI ini menginjakkan kaki di Tanah Minangkabau dalam setahun terakhir. Lawatan pertamanya diketahui pada Desember 2022. Kemudian yang kedua pada Agustus 2023.