Jumat 10 Nov 2023 12:23 WIB

12 Kekhususan Hari Jumat Dibandingkan Hari Lain

Di hari Jumat, api neraka tidak dinyalakan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim mendengarkan khotbah Sholat Jumat di Masjid Hijrah Bawah Jembatan Jalan Tol Buah Batu (BJTB),  Jalan Terusan Buah Batu-Jalan Raya Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). Masjid tersebut didirikan oleh sejumlah pemuda yang diantaranya ialah mantan geng motor di Bandung sejak satu tahun terakhir. Selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H, pengurus DKM Masjid Hijrah BJTB mengadakan berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus Alquran dan kajian islami.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim mendengarkan khotbah Sholat Jumat di Masjid Hijrah Bawah Jembatan Jalan Tol Buah Batu (BJTB), Jalan Terusan Buah Batu-Jalan Raya Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). Masjid tersebut didirikan oleh sejumlah pemuda yang diantaranya ialah mantan geng motor di Bandung sejak satu tahun terakhir. Selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H, pengurus DKM Masjid Hijrah BJTB mengadakan berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus Alquran dan kajian islami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah kekhususan hari Jumat dibandingkan hari-hari yang lain. Hal ini dijelaskan oleh Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah dalam Zaad Al Ma'aad.

Pertama, Nabi Muhammad SAW biasa membaca Surat As Sajdah dan Al Insan pada waktu (sholat) Subuh. Nabi SAW membaca dua surat tersebut karena di dalamnya terkandung apa yang telah dan akan terjadi pada hari itu, termasuk penciptaan Adam, penyebutan hari kiamat, dan berkumpulnya semua makhluk. Maka, bacaan itu merupakan pengingat bagi umat akan apa yang telah dan akan terjadi.

Baca Juga

Kedua, dianjurkan untuk sering bersholawat atas Nabi Muhammad SAW di hari Jumat. Karena beliau SAW bersabda, "Sering-seringlah bersholawat padaku pada hari Jumat dan malam Jumat."

Ketiga, di hari Jumat terdapat ibadah sholat Jumat dan ini merupakan salah satu kewajiban terpenting dalam Islam, dan salah satu ibadah terbesar umat Islam.

Keempat, perintah mandi di hari Jumat dan perintah ini sangat kuat. Mandi yang dimaksud adalah mandi sebelum sholat Jumat. Kelima, menggunakan wewangian. Keenam, menggunakan siwak.

Ketujuh, datang lebih awal...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement