Ahad 19 Nov 2023 02:48 WIB

Kalap Makan Bisa Bikin Perut Meledak, Mitos atau Fakta?

Perut dapat meregang hingga menampung lebih dari tiga liter makanan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rata-rata perut orang dewasa menampung sekitar satu liter makanan (sekitar empat cangkir). (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Rata-rata perut orang dewasa menampung sekitar satu liter makanan (sekitar empat cangkir). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sering kali orang bisa kalap makan ketika momen tertentu, seperti saat Lebaran atau perayaan hari besar lainnya. Bagi kebanyakan orang, hal terburuk yang bisa terjadi adalah kemungkinan terjadinya penambahan berat badan. Namun jika makan dalam jumlah yang sangat banyak, ada istilah seperti perut terasa mau meledak. Seberapa bahaya kondisi ini dan apakah mematikan?

Istilah perut 'meledak' tentu hanya kiasan, namun dalam dunia medis, perasaan ini bisa disebut sebagai perforasi saluran cerna, yang terjadi ketika lambung terlalu penuh.

Baca Juga

Sebuah lubang terbentuk yang mengeluarkan isi lambung ke dalam rongga perut, dapat menyebabkan infeksi, termasuk sepsis yang mematikan. Rata-rata perut menampung sekitar satu liter makanan, namun perut dapat meregang hingga menampung lebih dari 128 floz (3,7 liter) pada kapasitas maksimumnya (setara dengan botol susu terbesar).

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (18/11/2023), Courtney Kalamar, ahli diet di Piedmont Henry Hospital, mengatakan jumlah pastinya bervariasi bagi setiap orang. Namun rata-rata perut orang dewasa menampung sekitar satu liter makanan (sekitar empat cangkir). “Karena perut sangat elastis, mampu menampung sebanyak tiga hingga empat liter (atau 16 gelas) sekaligus,” kata Kalamar.