Rabu 22 Nov 2023 08:23 WIB

Gercep, Microsoft Langsung Gaet Bos ChatGPT Setelah Dipecat

Microsoft adalah pemangku kepentingan terbesar OpenAI.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
CEO Microsoft, Satya Nadella mengungkapkan pihaknya menggaet  CEO OpenAI Sam Altman dan salah satu pendiri OpenAI Greg Brockman.
Foto: Microsoft
CEO Microsoft, Satya Nadella mengungkapkan pihaknya menggaet CEO OpenAI Sam Altman dan salah satu pendiri OpenAI Greg Brockman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemecatan yang dilakukan dewan direksi terhadap CEO OpenAI Sam Altman menimbulkan kekacauan. Di tengah konflik ini, Microsoft mengambil keuntungan dengan mempekerjakan Altman dan salah satu pendiri OpenAI Greg Brockman.

Brockmann berhenti sebagai presiden OpenAI setelah Altman dipecat. Posisi Altman akan digantikan oleh Emmett Shear, mantan CEO Amazon Twitch untuk sementara waktu.

Baca Juga

"Kami sangat gembira untuk menyampaikan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman bersama rekan-rekannya akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru," kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam cuitan di X.

Dengan investasi 13 miliar dolar AS, Microsoft adalah pemangku kepentingan terbesar OpenAI. Altman akan menjadi CEO grup baru yang memimpin penelitian AI. 

Dilansir CNN, Rabu (22/11/2023), kepindahan Altman ke Microsoft mengakhiri spekulasi di akhir pekan bahwa dewan OpenAI dapat melakukan perubahan drastis dan mempekerjakan kembali pengusaha dan investor terkemuka di Silicon Valley.

Altman menghabiskan waktunya pada akhir pekan lalu di kantor pusat OpenAI. Dia bahkan mengunggah di X foto dirinya memegang lencana tamu hijau yang terhubung ke lanyard berlabel “OpenAI.”  "Pertama dan terakhir kali saya memakai salah satu dari ini," ujarnya.

Dalam sebuah surat terbuka pada Senin pagi, ratusan karyawan OpenAI menyerukan pengunduran diri dewan direksi OpenAI. Mereka menuduh dewan direksi OpenAI salah menangani pemecatan Altman dan mengancam akan berhenti dan pindah ke Microsoft bersama Altman.

Altman juga mengatakan bahwa prioritas utama tetap memastikan OpenAI terus berkembang dan berkomitmen memberikan keberlangsungan operasi kepada mitra dan pelanggan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement