Senin 27 Nov 2023 23:07 WIB

BMKG Perkirakan Awal Musim Hujan Sulut di Dasarian Pertama Desember

kondisi curah hujan di wilayah Sulut saat ini masih di bawah 150 milimeter.

Red: Qommarria Rostanti
Hujan (ilustrasi). BMKG memperkirakan awal musim hujan di wilayah Sulawesi Utara akan terjadi di dasarian pertama Desember 2023.
Foto: republika
Hujan (ilustrasi). BMKG memperkirakan awal musim hujan di wilayah Sulawesi Utara akan terjadi di dasarian pertama Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di wilayah Sulawesi Utara akan terjadi di dasarian pertama Desember 2023.

"Beberapa wilayah di Sulut pada dua dasarian rata-rata curah hujan sudah berada di atas 50 milimeter," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara M Candra Buana di Manado, Senin (27/11/2023).

Baca Juga

Artinya, katanya, untuk menentukan apakah Sulut sudah memasuki awal musim hujan atau belum, masih menunggu data curah hujan pada dasarian ketiga bulan November. "Jadi kondisi curah hujan di wilayah Sulut saat ini sudah di atas 100 milimeter namun masih di bawah 150 milimeter," katanya.

Candra menjelaskan, penentuan awal musim hujan didasarkan pada curah hujan dasarian pertama hingga dasarian ketiga rata-rata 50 milimeter atau dalam satu bulan 150 milimeter. Apabila indikatornya curah hujannya di atas 150 milimeter dapat dikatakan sudah memasuki awal musim hujan.

Karena itu dia berharap, menjelang musim hujan warga yang tinggal di daerah berbukit, curam, atau tebing mewaspadai bahaya tanah longsor. Begitupun dengan warga yang tinggal di daerah bantaran sungai berhati-hati dengan potensi banjir, serta ancaman pohon tumbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement