Senin 11 Dec 2023 15:16 WIB

Kesal Berat, Begini Cara Jungkook BTS Hadapi Penggemar yang Membuntutinya

Kehadiran pembuntut alias stalker harus diwaspadai karena bertujuan negatif.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jungkook BTS punya cara sendiri untuk menghadapi penggemar yang terus membuntutinya/ilustrasi
Foto: Dok. BigHit
Jungkook BTS punya cara sendiri untuk menghadapi penggemar yang terus membuntutinya/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jungkook BTS kembali menyebut kehadiran sasaengs, alias para penggemar idola K-Pop. Bahkan, saat emosinya memuncak, kali ini Jungkook sampai mengeluarkan kata-kata kasar. Dia mengatakan, belakangan ini banyak sekali fans yang menunggu di depan rumahnya.

“Bahkan saat ini ada sasaengs di depan rumahku. Berhenti datang, bre*sek, ssh– tsk,” kata Jungkook dalam siaran langsungnya akhir pekan lalu. Sebelumnya, Jungkook juga sudah memperingatkan para fans untuk tidak mengirimkannya makanan.

Baca Juga

“Tolong jangan kirim makanan ke rumahku. Lagi pula aku tidak akan memakannya. Aku berterima kasih atas inisiatif itu, tapi aku bisa makan enak sendiri. Jadi jagalah makananmu sendiri, aku mohon. Jika kalian mengirimkannya sekali lagi, saya akan memeriksa nomor pesanan tanda terima, dan mengambil tindakan. Jadi hentikan,” kata Jungkook.

Namun, pembuntut alias stalker bukan hanya terjadi pada para idola, orang-orang biasa pun bisa mengalaminya. Stalker ini harus selalu kita waspadai, lantaran keberadaannya sudah pasti bertujuan negatif. Melansir Spy Tech, Senin (11/12/2023), ada tanda-tanda yang harus diwaspadai.

Untuk mengetahuinya, kita bisa memantaunya, dengan bantuan peralatan fisik seperti alat pendengar atau kamera tersembunyi, atau dapat menggunakan teknologi, seperti spyware. Terlepas dari metode yang digunakan, semua bentuk pengawasan meninggalkan semacam bukti atau jejak.

Dengan menyadari tanda-tandanya dan mengetahui cara mencarinya, kita dapat mendeteksi dan memastikan jika seseorang memata-matai rumah kita.

Terkadang, intuisi menjadi hal pertama yang menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres. Penting untuk memercayai naluri dan menyelidiki aktivitas atau perilaku mencurigakan apa pun. Beberapa tanda paling umum ada stalker di rumah meliputi:

 

• Peralatan atau teknologi tak terduga di rumah

Jika Anda melihat peralatan atau gadget asing di rumah Anda, seperti kamera, flash drive USB, mikrofon, atau pena, itu mungkin pertanda seseorang sedang memata-matai Anda.

 

• Perilaku asing atau mencurigakan dari orang-orang di sekitar rumah

Jika Anda melihat perilaku asing atau mencurigakan dari orang-orang yang berada di sekitar rumah Anda, seperti orang asing yang berkeliaran di sekitar atau mobil yang diparkir di dekat rumah Anda dalam jangka waktu lama, itu mungkin merupakan tanda bahwa seseorang sedang memata-matai Anda.

 

• Aktivitas tidak biasa pada kamera atau perangkat keamanan rumah

Aktivitas yang tidak biasa pada kamera atau perangkat keamanan rumah Anda, seperti seringnya pemutusan sambungan atau pola pergerakan yang aneh, bisa menjadi tanda lain bahwa seseorang sedang memata-matai Anda di rumah.

 

• Panggilan telepon atau pesan yang mencurigakan

Jika Anda menerima panggilan telepon mencurigakan dari nomor tak dikenal atau pesan yang sepertinya berisi informasi pribadi, itu mungkin pertanda seseorang sedang memata-matai Anda.

 

• Perilaku mencurigakan pada ponsel atau PC

Dengan kemajuan teknologi, kini semakin mudah bagi seseorang untuk memantau aktivitas Anda, mendengarkan percakapan Anda, dan membaca pesan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan meretas komputer atau ponsel Anda melalui penggunaan aplikasi mata-mata.

Saat dipasang di perangkat Anda, aplikasi ini dapat berjalan tanpa terdeteksi di latar belakang, mengumpulkan informasi dan mengirimkannya kembali ke orang yang memantau Anda. Jika Anda khawatir perangkat Anda telah disusupi dengan cara ini, ada beberapa tanda yang dapat Anda cari untuk mengonfirmasi kecurigaan Anda.

Aktivitas perangkat yang tidak biasa: Aplikasi mata-mata dapat menyebabkan berbagai aktivitas tidak biasa di ponsel Anda, seperti pesan pop-up acak, pesan teks tidak dikenal, atau panggilan telepon. Anda bahkan mungkin mendengar suara-suara aneh di latar belakang saat melakukan panggilan, yang menunjukkan bahwa panggilan tersebut mungkin telah disadap oleh aplikasi mata-mata.

Peningkatan penggunaan data: Spyware juga menggunakan data seluler perangkat Anda untuk mentransfer informasi yang direkam ke orang yang menginstalnya. Jika Anda melihat peningkatan lalu lintas internet yang tidak biasa, itu mungkin merupakan tanda bahwa aplikasi mata-mata sedang berjalan di perangkat Anda.

Penurunan masa pakai baterai dan penurunan kinerja: Salah satu tanda paling umum dari aplikasi mata-mata yang berjalan di perangkat Anda adalah terkurasnya baterai secara signifikan dan penundaan atau kelambatan yang tidak biasa pada kinerja perangkat. Aktivitas aplikasi yang terus-menerus di latar belakang dapat menyebabkan ponsel, tablet, atau laptop Anda menjadi terlalu panas. Selain itu, ini mungkin penggunaan prosesor perangkat secara berlebihan, yang dapat menyebabkan penurunan kinerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement