Selasa 12 Dec 2023 21:47 WIB

Masyarakat Jateng Diimbau Waspadai Covid-19 Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Terrdapat lonjakan Covid-19 varian ERIS di Semarang dalam beberapa pekan terakhir.

Red: Qommarria Rostanti
Kasus Covid-19 melonjak (ilustrasi). Masyarakat Jateng diimbau  mewaspadai meningkatnya kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.
Foto: republika
Kasus Covid-19 melonjak (ilustrasi). Masyarakat Jateng diimbau mewaspadai meningkatnya kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Sumi Hastry, mengatakan, terdapat lonjakan pasien Covid-19 varian ERIS dalam beberapa pekan terakhir. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat mewaspadai meningkatnya kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Varian ini merupakan turunan varian sebelumnya dengan penularan yang cukup tinggi," kata dia, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

Menurut dia, gejala yang ditunjukkan pun relatif ringan, seperti batuk, pilek, demam, mual, dan muntah sehingga meminta masyarakat tidak menyepelekan penyebaran varian baru tersebut. Hal itu terutama bagi warga lanjut usia serta yang mempunyai riwayat penyakit bawaan dan dia mengimbau masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat yang mulai mengalami gejala sakit untuk selalu memakai masker serta menjaga jarak dalam berinteraksi. "Segera berobat ke dokter untuk memperoleh diagnosis yang tepat," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement