Ahad 17 Dec 2023 10:16 WIB

Hadiri Kirab Nitilaku UGM 2023, Ganjar Kenakan Pakaian Adat Dayak

Kirab budaya dimeriahkan defile peserta Nitilaku yang mengenakan pakaian daerah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Ketua Umum Kagama non aktif Ganjar Pranowo ikut rombongan kirab budaya Nitilaku 2023 di Universitas Gadjah Mada, Ahad (17/12/2023).
Foto: Febrianto Adi Saputro
Ketua Umum Kagama non aktif Ganjar Pranowo ikut rombongan kirab budaya Nitilaku 2023 di Universitas Gadjah Mada, Ahad (17/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dalam rangka Dies Natalis ke-74, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar kirab budaya Nitilaku 2023, Ahad (17/12/2023). Kegiatan kirab diikuti oleh seluruh fakultas di UGM.

Kirab budaya dimeriahkan dengan defile peserta Nitilaku yang mengenakan pakaian daerah. Berdasarkan pantauan Republika, Ketua Umum Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) non aktif, Ganjar Pranowo, ikut hadir dalam acara tersebut.

Calon presiden (capres) nomor urut 3 tersebut terlihat berbaur dengan rombongan peserta kirab budaya Nitilaku 2023. Ganjar yang mengenakan pakaian tradisional dayak terlihat berada di rombongan Universitas Gelanggang Mahasiswa.

"Saya punya banyak sekali (pakaian dayak), kan harus dipakai satu. Karena kemarin pas dari Kalimantan," kata Ganjar di UGM, Ahad (17/12/2023).

Ia membantah ada pesan khusus yang ingin ia sampaikan lewat pakaian yang ia kenakan. Ia mengaku hanya mengikuti tema Nitilaku 2023 yakni Kenduri Kebangsaan, Merajut Tenun Keindonesiaan.

"Oh enggak ada (pesan khusus), dihubung-hubungke," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada para alumni UGM untuk selalu ingat sejarah, dan selalu ingat pesan guru-guru selama menempuh pendidikan di UGM. Ia menambahkan bahwa kampus bersatu dengan kampung, dan dimulai dari keraton.

"Jadi kita tidak pernah melupakan sejarah. Biar kita menjadi orang yang belajar untuk selalu bijaksana," ungkapnya.

Ganjar juga menyempatkan diri menyapa  peserta kirab budaya yang hadir di acara tersebut. Dirinya tak menyampaikan sambutan di acara lantaran tengah cuti dari posisi ketua umum Kagama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement