Rabu 20 Dec 2023 08:47 WIB

Refleksi Akhir Tahun, FH UII Sampaikan Sejumlah Catatan di Bidang Hukum dan Demokrasi

FH UII menyoroti masih lemahnya penegakan hukum lingkungan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Wartawan Republika Muhammad Subarkah di depan kampus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII)
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Wartawan Republika Muhammad Subarkah di depan kampus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Forum Dosen dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) menggelar Refleksi Akhir Tahun 2023 di Ruang Auditorium FH UII, Selasa (19/12/2023). Menyikapi situasi  penegakan hukum serta demokrasi saat ini, Forum Dosen dan Guru Besar Fakultas Hukum UII menyoroti sejumlah persoalan yakni telah terjadi pembajakan dunia peradilan khususnya Mahkamah Konstitusi (MK)

Dekan FH UII, Prof Budi Agus Riswandi mengatakan kasus yang menimpa MK dalam Putusan 90/PUU-XXI/2021 dan juga putusan MKMK telah membuktikan adanya penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh Ketua MK Anwar Usman dalam mengadili perkara yang melibatkan keluarganya. 

"Telah terjadi pembajakan serius terhadap Mahkamah Konstitusi dan penegakan hukum kita, sehingga ke depan kami mendorong agar hakim Konstitusi ke depan bersikap adil, memegang prinsip integritas, dan profesional dalam profesinya. Tidak boleh mengorbankan kepentingan negara demi kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok," kata Budi dalam keterangannya.

Selain itu FH UII juga menyoroti soal masih lemahnya penegakan hukum lingkungan. Budi menjelaskan pembangunan ekonomi yang dilaksanakan pemerintah belum sepenuhnya memperhatikan aspek keberlanjutan. Dalam perspektif hukum, kelemahan terletak pada disharmoni peraturan, kelengkapannya maupun penegakannya.