Ahad 24 Dec 2023 16:46 WIB

Pedagang di Taman Margasatwa Ragunan Raup Untung Selama Masa Liburan

Kenaikan pendapatan yang dirasakan pedagang di Ragunan 70 persen hingga 2 kali lipat.

Red: Qommarria Rostanti
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan. (ilustrasi). Pedagang di Ragunan mengaku mengalami kenaikan pendapatan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan. (ilustrasi). Pedagang di Ragunan mengaku mengalami kenaikan pendapatan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pedagang di kawasan Taman Margasatwa Ragunan mencatat kenaikan pendapatan selama masa libur Natal 2023. Salah satu pedagang mainan anak, Sunardi, mengatakan pendapatannya meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Hari ini pendapatan saya bisa Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Kalau dibanding hari biasa itu mentoknya Rp 1 juta," ujar Sunardi kepada Antara di Jakarta, Ahad (24/12/2024).

Baca Juga

Sunardi mengatakan, pendapatan saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelum pandemi masih jauh lebih rendah. Ia mengungkapkan saat ini jumlah pengunjung meningkat tapi daya beli pengunjung tidak sebanyak dulu.

Sementara itu pedagang makanan, Dewi, juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan pendapatannya meningkat hingga 70 persen dibandingkan hari biasa.

"Di hari besar seperti sekarang pendapatan kita dalam sehari bisa mencapai Rp 600 ribu hingga Rp 750 ribu, beda dibanding hari normal yang hanya kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu," kata Dewi.

Ia menyebut, biasanya omzet terbanyak bisa didapatkan pada libur tahun baru. Sama dengan pedagang lainnya, Ridwan, seorang pedagang boneka di Ragunan, juga mengatakan bahwa pendapatannya meningkat selama masa libur Natal kali ini.

"Alhamdulillah kalo untuk pendapatan lumayan meningkat, ini bisa sampai Rp 2 juta tapi kalau hari biasa mungkin hanya Rp 500 ribu-an," kata Ridwan.

Berdasarkan data dari pengelola Taman Margasatwa Ragunan, jumlah pengunjung hingga 14.00 WIB telah mencapai 54.979 pengunjung. Tercatat sebanyak puluhan ribu pengunjung mendatangi Taman Margasatwa pada Ahad (24/12/2023) membawa 9.029 kendaraan roda dua, 4.208 kendaraan roda empat, 65 bus, dan 138 menggunakan sepeda.

Selain itu sebanyak 2.904 orang telah mengunjungi Taman Satwa Anak (TSA) hingga pukul 14.00 WIB hari ini 24 Desember 2023. Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengimbau kepada pengunjung agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan selama berada di Ragunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement