Sabtu 30 Dec 2023 16:15 WIB

Hujan Diprediksi Guyur Kota Palembang di Malam Tahun Baru 2024

Hujan intensitas ringan diprediksi turun di Kota Palembang saat perayaan Tahun Baru.

Red: Nora Azizah
Kembang api untuk meryahakan Tahun Baru 2024 (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Kembang api untuk meryahakan Tahun Baru 2024 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan memprakirakan cuaca pada saat malam tahun baru 2024 di Kota Palembang turun hujan. "Perkiraan hujan akan turun, namun hanya dengan intensitas ringan," kata Prakirawan BMKG Sumsel Nasrun saat dikonfirmasi di Palembang, Sabtu (30/12/2023). 

Ia menambahkan, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di beberapa daerah lainnya, seperti Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Pali, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir. Sebelumnya, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani mengatakan wilayah Sumsel sudah memasuki awal musim hujan periode 2023-2024 sejak November hingga Desember.

Baca Juga

"Peralihan musim kemarau ke musim hujan ini merupakan musim pancaroba. Ciri khas musim pancaroba ini ialah cuaca ekstrem yang bisa saja menimbulkan bencana," katanya. 

Ia menambahkan, warga Sumatera Selatan harus mewaspadai fenomena musim pancaroba, yaitu peralihan musim kemarau ke musim hujan. Dengan melihat dan waspada beberapa indikasi awan tebal seperti awan colomunimbus. 

"Kami imbau masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mempersiapkan lingkungan dan memperkuat struktur bangunan agar kuat. Kemudian, membersihkan drainase untuk memperlancar aliran air," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement