Ahad 31 Dec 2023 17:08 WIB

Kapolda Lampung Sebut tak Ada Penumpukan Kendaraan Jelang Tahun Baru

Potensi kepadatan arus lalu lintas terjadi saat arus balik.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus raharjo
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik.
Foto: Dok Polda Lampung
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Berdasarkan pemantauan dari helikopter, Polda Lampung menyatakan tidak ada penumpukkan kendaraan pada liburan tahun baru 2024, Ahad (31/12/2023). Arus kendaraan di jalan lintas Sumatra dan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Bandar Lampung ke Bakauheni dan sebaliknya berjalan aman dan lancar.

Kepastian itu berdasarkan hasil pantauan udara Helikopter NBO-105 Ditpolairud Polda Lampung. Pemantauan dari Kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni itu meliputi ruas jalan tol hingga arteri.

Baca Juga

“Pantauan udara mulai Bandar Lampung menuju Bakauheni, terlihat sepanjang jalur tol dan arteri lancar dan aman,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Ahad (31/12/2023).

Dia mengatakan, dalam pantauan udara tersebut tidak ada kepadatan atau penumpukan kendaraan dan penumpang, semuanya terpantau aman dan lancar. Pemantauan dilakukan tidak hanya di JTTS tapi juga jalan arteri (jalinsum) dan juga tempat-tempat di sekitar Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Saat ini terlihat kondisi Pelabuhan Bakauheni baik di sisi kapal-kapal, parkiran, arah masuk pintu kapal semuanya terlihat masih dalam situasi lancar dan tidak terlihat kepadatan kendaraan," ujarnya.

Ia mengatakan, kemungkinan kepadatan arus lalu lintas kendaraan itu baru akan terjadi saat arus balik libur akhir tahun 2024 mulai 1-2 Januari 2024. Hal ini karena warga mulai balik dari berlibur di Lampung dan kota-kota di Sumatra ke Pulau Jawa. Hal sama terjadi pada arus balik dari Jawa ke Sumatra melalui Pelabuhan Bakauheni.

Umi mengimbau kepada para pengguna jalan atau warga yang melakukan perjalanan libur akhir tahun, untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan jauh, mulai dari kondisi fisik prima hingga kesiapan kendaraan.

"Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan. Jangan lupa, isi bensin dan e-Tol disiapkan untuk mencegah kendala masuk atau melintasi jalan tol. Bagi hendak menyeberang dari Bakauheni, sangat disarankan beli tiket dari rumah," ujarnya.

Polda Lampung bersama stakeholder telah mendirikan sebanyak 60 posko terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, hingga posko terpadu untuk melayani perjalanan selama periode libur tahun baru 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement