Senin 08 Jan 2024 10:18 WIB

Kecerdasan Buatan Bakal Jadi Sorotan di Consumer Electronics Show 2024

Sejumlah perusahaan teknologi bersiap memperkenalkan produk terbaru di CES 2024.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Orang-orang berjalan di dekat Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto:

Pada CES 2023, perusahaan teknologi Displace meluncurkan TV nirkabel dan ultra-tipis yang secara teoretis dapat ditempelkan di jendela dan saluran dapat diubah dengan lambaian tangan. Tahun ini Displace diharapkan menunjukkan apakah mereka dapat mengembangkan konsep tersebut lebih lanjut.

LG sudah memiliki TV (hampir) tanpa kabel yang dipamerkan pada tahun 2023 yang hanya membutuhkan kabel listrik. Pada CES 2024, jajaran OLED 2024 kelas atas akan dilengkapi dengan prosesor Alpha A baru yang meningkatkan kualitas gambar dan audio.

CES 2024 juga akan memamerkan deretan mobil berbasis teknologi dan konektivitas dari sejumlah jenama. Kia, salah satunya akan meluncurkan lima kendaraan listrik baru, yaitu model EV3, EV4, EV9, EV6 GT, serta kendaraan otonom tanpa pengemudi.

Sementara, Samsung menghadirkan lemari es TikTok-nya ke CES. Sebenarnya, ini adalah Kulkas 4-Flex Bespoke dengan AI Family Hub+ yang dapat menghubungkan ponsel ke layar di lemari es. Jika ada TikTok di ponsel, maka aplikasi itu juga akan ada di pintu lemari es.

Fitur yang lebih berguna dari kulkas ini adalah kemampuannya memindai bagian dalam perangkat dengan AI. Pengguna bisa mengetahui buah atau sayuran apa yang ada di dalam kulkas, sudah berapa lama disimpan, dan memperingatkan jika akan kedaluwarsa.  

Dari Jerman, jenama Bosch akan meluncurkan gawai baru untuk mendeteksi senjata api. Kombinasi AI dan video itu diharapkan dapat mendeteksi keberadaan senjata api di sekolah, misalnya, sehingga akan efektif mencegah kasus penembakan massal.

Diprediksi, CES 2024 akan kembali dipenuhi beragam temuan teknologi yang liar, aneh, dan tak biasa. Tahun lalu, ada perangkat unik berupa "hewan peliharaan berbulu elektronik" yang bisa mengurangi kecemasan pemiliknya saat dipeluk.  

 

Ada “permen karet kecantikan” cetakan 3D dari Neutrogena, juga sikat gigi Y-Brush yang menurut pembuatnya dapat membersihkan gigi dalam hitungan detik. Dihadirkan juga perangkat yang dapat mengetahui tanda-tanda kesehatan penting hanya dengan mendentingkannya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاتَّبَعُوْا مَا تَتْلُوا الشَّيٰطِيْنُ عَلٰى مُلْكِ سُلَيْمٰنَ ۚ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمٰنُ وَلٰكِنَّ الشَّيٰطِيْنَ كَفَرُوْا يُعَلِّمُوْنَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَآ اُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوْتَ وَمَارُوْتَ ۗ وَمَا يُعَلِّمٰنِ مِنْ اَحَدٍ حَتّٰى يَقُوْلَآ اِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۗ فَيَتَعَلَّمُوْنَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُوْنَ بِهٖ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهٖ ۗ وَمَا هُمْ بِضَاۤرِّيْنَ بِهٖ مِنْ اَحَدٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ وَيَتَعَلَّمُوْنَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ ۗ وَلَقَدْ عَلِمُوْا لَمَنِ اشْتَرٰىهُ مَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ ۗ وَلَبِئْسَ مَاشَرَوْا بِهٖٓ اَنْفُسَهُمْ ۗ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ
Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kafir tetapi setan-setan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia yaitu Harut dan Marut. Padahal keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanyalah cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kafir.” Maka mereka mempelajari dari keduanya (malaikat itu) apa yang (dapat) memisahkan antara seorang (suami) dengan istrinya. Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang mencelakakan, dan tidak memberi manfaat kepada mereka. Dan sungguh, mereka sudah tahu, barangsiapa membeli (menggunakan sihir) itu, niscaya tidak akan mendapat keuntungan di akhirat. Dan sungguh, sangatlah buruk perbuatan mereka yang menjual dirinya dengan sihir, sekiranya mereka tahu.

(QS. Al-Baqarah ayat 102)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement