Senin 15 Jan 2024 07:19 WIB

Tim THA Juarai Taufik Hidayat Cup 2024

Tim THA mencetak kemenangan 3-0 atas tim SLP Jakarta di final.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Tim Taufik Hidayat Arena juara turnamen bulu tangkis senior Taufik Hidayat Cup 2024.
Foto: dok Taufik Hidayat Cup
Tim Taufik Hidayat Arena juara turnamen bulu tangkis senior Taufik Hidayat Cup 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim unggulan teratas Taufik Hidayat Arena (THA) meraih gelar juara di ajang bulu tangkis beregu senior bertajuk Yonex-Sunrise Taufik Hidayat Cup 2024 di GOR Bulutangkis KONI Jalan Jakarta, Bandung, Ahad (14/1/2024). Tim THA mencetak kemenangan 3-0 atas tim SLP Jakarta. 

Kemenangan dibuka melalui ganda putra pertama Bambang Supriyanto/Eppy yang menghentikan perlawanan sengit duet Didin Rahmat/Tricahyo 23-21, 9-21, 22-20. Selanjutnya ganda putra kedua, Akhmad Wiyagus/Muhammad menyumbang kemenangan atas pasangan Eko Hamiseno/Hendryanto 21-19, 21-19. Kemudian laga ganda campuran Marleve Mainaky/Marshela Gischa Islami menang mudah atas ganda Anggia Sittha Awanda/Unang Rahmat 21-13, 21-14. 

Baca Juga

“Selamat untuk tim THA bisa tampil maksimal menjadi juara. Terima kasih untuk tim-tim lain yang turut hadir dan bermain di turnamen ini,” ungkap penggagas turnamen sekaligus kapten tim THA, Taufik Hidayat pada acara penutupan. 

Taufik Hidayat berupaya menggelar turnamen ini setiap tahun dan berencana menggelar di kota-kota lain di Tanah Air termasuk ke luar negeri dengan nama yang sama. “Saya akan bawa pemain-pemain senior ini ke turnamen berikutnya. Ada satu negara yang berminat untuk digelar tahun depan. Nanti akan direncanakan kembali,” imbuh peraih medali Olimpiade Athena 2004 ini.

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus yang turut bermain di turnamen ini mengaku senang bisa bertanding dan berlatih bersama para pemain-pemain senior. Baginya, berkompetisi bersama pemain senior luar negeri menambah pengalaman bertanding. 

“Senang bisa turut bermain di turnamen bersama pebulutangkis senior. Tadi saya bermain cukup ketat karena lawan juga memberikan perlawanan,” kata Akhmad Wiyagus yang juga Ketua Umum PP PBSI Jawa Barat.

Ia berharap Taufik Hidayat menggelar turnamen ini berkelanjutan. Ini demi mengakomodasi keinginan bertanding pemain senior Indonesia sekaligus memberikan motivasi dorongan bagi perkembangan perbulutangkisan di Jawa Barat. 

Sempat Tegang

Sementara itu pemain kawakan Bambang Supriyanto mengaku sempat tegang dan nyaris kehilangan konsentrasi akibat kelelahan. Pasalnya, penampilan lawan cukup agresif serta stamina yang sudah terkuras karena bermain selama tiga hari beruntun.

“Ini menunjukkan kualitas peserta dan pertandingan sangat bagus, hingga bisa menghadirnya suasana pertandingan yang kompetitif,” ungkap Bambang. Untungnya kelelahan bermain selama tiga hari beruntun dapat diatasi dengan cepat.  

Bambang melanjutkan, dirinya berharap turnamen ini hadir setiap tahun. Sebab, turnamen senior biasanya berlangsung di luar negeri. Taufik Hidayat Cup bisa menjadi sarana latih-tanding pemain senior.

“Adanya kejuraan Taufik Hidayat Cup ini memberikan dampak positif bagi pemain senior untuk kembali bergairah berlatih untuk bermain di turnamen dengan suasana pertandingan internasional,” kata Bambang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement