Jumat 26 Jan 2024 20:25 WIB

Gaza Memburuk, Relawan MER-C Sakit karena Kesulitan Makanan dan Obat

Serangan militer Israel sangat intens.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina yang mengungsi memegang panci dan ember kosong saat menunggu menerima bantuan makanan yang diberikan oleh kelompok pemuda Palestina di kamp pengungsi Rafah, Jalur Gaza Selatan, (25/1/2024).
Foto:

Menurut dia, Gaza saat ini benar-benar membutuhkan rumah sakit lapangan untuk menangani penyakit-penyakit seperti diare dan lain sebagainya. "Tapo obat-obatan sudah habis. Banyak yang operasi tanpa bius karena kehabisan obat-obatan, tidak ada tempat untuk pasien-pasien di rumah sakit. Mereka hanya tidur atau istrihat di lantai, padahal mereka adalah korban luka-luka," ucap dia.

Kondisi seperti itu juga pernah Fikri lihat saat bertugas di Rumah Sakit Indonesia yang berada yang terletak di Bait Lahia, Kegubernuran Gaza Utara, Jalur Gaza, Palestina. Rumah sakit yang dibangun warga Indonesia ini pun kini telah dikosongkan seluruhnya sejak 25 November 2023.

 "Untuk saat ini kami masih mengungsi di sekolahan pemerintah, sekitar rumah sakit Khan Younis, Gaza Selatan. Kondisi semakin buruk, terutama air bersih," kata dia.

Fikri menjelaskan krisis air bersih menjadi tantangan utama bagi warga Gaza. Dengan tidak adanya air bersih, warga Gaza pun banyak menderita penyakit.

"Dan semua air bersih ini tidak semuanya bisa diminum karena sudah lebih dari 60 ribu ton bom dijatuhkan ke jalur Gaza. Sehingga air yang ada di Jalur Gaza tercemar. Jadi harus disaring dulu dengan mesin," jelas Fikri.

Dia menambahkan, warga Gaza sekarang ini juga tengah menghadapi musim dingin. Mereka hanya tinggal di tenda-tenda yang terbuat nilon dan plastik. Karena itu, banyak orang Gaza yang meninggal lantatan kedinginan.

"Percaya tidak percaya udah banyak orang yang meninggal karena kedinginan dan kelaparan. Ini yang menyampaikan bukan saya sendiri, bahkan dari Kemenkes Palestina sendiri juga mengatakan seperti itu," ujar Fikri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement