Kamis 08 Feb 2024 13:27 WIB

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Ingatkan Jelang Pemilu 2024 Kondusivitas Terus Dijaga

Pj Gubernur Jabar berpesan ke Ketua KPU Jabar, jajarannya agar menjaga transparansi

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Sepekan menjelang Pemilu 2024 semua proses tahap persiapan di Jawa Barat (Jabar) sudah berjalan dengan baik. Menurut Penjabat Gubernur Jawa Barat (Pj Gubernur Jabar) Bey Machmudin, semua pihak supaya tetap menjaga kondusivitas dan bersinergi hingga tahap akhir agar tercapai pemilu yang lancar, jujur, dan damai. 

"Alhamdulillah, sampai hari ini pelaksanaan tahapan pemilu berjalan sangat baik di Jabar. Kita ingatkan lagi semuanya bahwa sesuai undang-undang, ASN, TNI/Polri harus netral dan pelaksanaan pemilu yang lancar, jujur, dan damai harus dapat kita capai sampai perhitungan suara nanti," ujar Bey Machmudin. 

Menurutnya, pihaknya telah menggelar Rakor diikuti Bupati/Wali Kota, Forkopimda, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Kepala BPBD se-Jabar, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi. Kegiatan yang digelar ini merupakan kelanjutan dari deklarasi Jabar Anteng untuk Pemilu 2024 yang aman, netral, dan tenang, yang dilaksanakan pada 18 November 2023. 

Bey menyebut, rakor yang dihadiri oleh kepala daerah dari 27 kabupaten/kota se-Jabar penting dilaksanakan mengingat Jabar adalah provinsi dengan daerah pemilihan terbesar. Ia mengingatkan, dengan waktu pemilu yang tersisa H-7 agar tidak terjadi kecurangan. 

Pj Gubernur Jabar juga berpesan  kepada Ketua KPU Jabar dan jajarannya untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas perhitungan suara. 

"Ini sudah mau sampai tahap akhir. Alhamdulillah, suasananya kondusif dan kita harapkan sampai selesai pemilu nanti. Kita juga ingatkan lagi jangan sampai ada kecurangan-kecurangan pada saat perhitungan," katanya. 

Bey menyampaikan kepada Ketua KPU Jabar agar unsur transparansi harus dijaga betul. "Artinya perhitungan di TPS harus dilakukan secara terbuka disaksikan oleh saksi-saksi yang memang ditugaskan sehingga akuntabilitas dari hasil di TPS bisa dijaga terus," kata Bey. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement