Jumat 09 Feb 2024 17:22 WIB

Aktor Korea Nam Joo-Hyuk tak Terbukti Lakukan Bullying, 2 Penuduh Dituntut Balik

Dua orang penuduh Nam Joo-hyuk dituntut balik atas pencemaran nama baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Nam Joo-hyuk. Nam Joo-hyuk tak terbukti melakukan bullying. Dua orang penuduh kini dituntut baik atas pencemaran nama baik.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Aktor Nam Joo-hyuk. Nam Joo-hyuk tak terbukti melakukan bullying. Dua orang penuduh kini dituntut baik atas pencemaran nama baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tudingan bahwa aktor Korea Selatan Nam Joo-hyuk pernah menjadi pelaku bullying atau perisakan saat masih bersekolah terbukti palsu. Kini, dua sosok penuduh sang aktor justru balik didakwa melakukan pencemaran nama baik.

Dikutip dari laman All K-Pop, Jumat (9/2/2024), dokumen hukum bertanggal 8 Februari 2024 mengungkap bahwa terdapat dua orang yang didakwa atas tuduhan pencemaran nama baik. Dakwaan itu berdasarkan Undang-Undang Jaringan Informasi dan Komunikasi.

Baca Juga

Mereka menjadi terdakwa karena mengajukan tuduhan intimidasi di sekolah terhadap aktor Nam Joo-hyuk. Dari kedua individu tersebut, disebutkan bahwa satu orang berprofesi sebagai jurnalis dan satu orang lainnya merupakan warganet.

Keduanya disebut sengaja merusak reputasi Nam Joo-hyuk pada Juni 2022, dengan menyebarkan sejumlah tuduhan bahwa aktor tersebut pernah menjadi pengganggu di sekolah. Kini, menurut laporan, jaksa telah menetapkan bahwa tuduhan intimidasi di sekolah adalah salah.

Sebagai gantinya, kedua individu itu dinyatakan bersalah atas pencemaran nama baik. Penuntut menganggap kedua kasus tersebut masuk kategori summary offence. Artinya, pelanggaran kecil di beberapa yurisdiksi hukum umum yang dapat diproses secara ringan.

Karenanya, penuntut telah meminta agar pengadilan mengenakan denda kepada terdakwa, alih-alih melanjutkan persidangan. Jika tidak ada pihak yang terlibat dalam perkara maupun pengadilan yang menyatakan niatnya untuk melanjutkan persidangan, maka putusan penuntut akan bersifat final.

BACA JUGA: Aktor Korea dengan Followers Terbanyak di Instagram

Di tengah berbagai kabar tersebut, sang aktor yang diperbincangkan justru sedang menjalani wajib militer (wamil). Nam Joo-hyuk resmi mulai wamil pada Maret 2023 dan akan merampungkan kewajibannya itu pada September 2024.

Memulai debut aktingnya dengan membintangi serial televisi "The Idle Mermaid" pada 2014, hingga kini Nam Joo-hyuk telah mendapatkan banyak peran utama. Aktor sekaligus model itu membintangi "Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo", Start-Up", "Twenty Five Twenty One", "Vigilante", dan banyak lagi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement