Selasa 13 Feb 2024 22:40 WIB

Gubernur Riau Berupaya Cetak Kader Prajurit TNI Hafal Alquran

Prajurit TNI yang hafal Alquran menjadi kebanggaan bangsa.

Red: Erdy Nasrul
Prajurit TNI mengikuti apel gelar kesiapsiagaan.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Prajurit TNI mengikuti apel gelar kesiapsiagaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gubernur Riau Edy Natar Nasution berupaya melahirkan kader dari prajurit TNI AD, AL, AU sebagai penghafal Alquran melalui pusat pelatihan Yayasan Darul Quran Khairunnas Riau di kawasan Taman Gembira Durilengkeng, Kota Pekanbaru.

Pembangunan yayasan tersebut sudah selesai mulai bangunan asrama, tempat belajar, masjid, dan tempat pengasuh siswa pun sudah disiapkan disertai kelengkapan fasilitas.

Baca Juga

"Keberadaan yayasan ini adalah untuk mempersiapkan calon kader TNI yang hafal Alquran dan diyakini bisa menjadi satu-satunya di Indonesia," kata Gubernur Edy Natar Nasution di Pekanbaru, Selasa (13/2/2024).

Ia mengatakan prajurit yang hafal Alquran sebagai upaya untuk membangun kader TNI selain unggul dalam bidang militer, juga mencerminkan nilai-nilai keagamaan untuk memperkuat moral prajurit sehingga program ini perlu didukung bersama-sama.

Ia menjelaskan pada tiga tahun ke depan Yayasan Daarul Qur'an Khairunnas Riau akan mendidik 20 prajurit TNI dimana pada tahun pertama dan kedua hanya menerima 7 siswa saja kemudian tahun ketiga 6 orang.

"Untuk penerimaan siswa harus melalui proses seleksi ketat sesuai dengan seleksi taruna Akademi Militer Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Syarat lain juga meliputi kesehatan, akademis, psikologi dan hafalan Alquran minimal 10 Juz dan setelah tiga tahun melaksanakan pendidikan, maka hafalan mereka bisa bertambah lagi menjadi 20 Juz," katanya.

Keutamaan menghafal Alquran, kata Edy Natar, adalah karena Alquran sebagai pemberi syafaat bagi pembaca, memahami dan mengamalkan; kedua, penghafal Alquran telah dijanjikan derajatnya oleh Allah SWT, ketiga, Alquran menjadi hujah/pembela bagi pembaca dan sebagai pelindung dari adzab api neraka.

Selain itu keutamaan menghafal Alquran adalah mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Allah SWT. Penghafal Alquran selalu berusaha untuk mencari solusi atas permasalahan hidupnya. Allah SWT berjanji untuk memberikan pertolongan bagi setiap hambaNya yang terus menghadapkan diri kepadaNya.

Edy Natar memilih nama Khairunnas sebagai nama untuk yayasan tersebut karena mempunyai arti manusia terbaik sekaligus kata tersebut juga bagian dari singkatan nama kedua orang tuanya sehingga dapat mengabadikan nama Khairunnas pada yayasan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement