Sabtu 17 Feb 2024 21:48 WIB

12 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Risiko Kanker

Gaya hidup sehat akan menurunkan risiko terkena kanker.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Tomat adalah sumber likopen yang baik. Likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan mencegah perkembangan tumor.
Foto:

9. Buah anggur 

Kulit buah anggur mengandung resveratrol, antioksidan yang dikaitkan dengan pencegahan kanker. Resveratrol dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama pada kanker kulit, hati, dan payudara. Menyantap buah ini pun amat disarankan.

10. Gandum utuh

Beragam jenis gandum utuh, seperti beras merah, barley, dan gandum mengandung serat, yang membantu mengurangi risiko kanker kolorektal. Sebab, konsumsi gandum utuh, apalagi secara rutin, akan melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

11. Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Menyantap kacang-kacangan dan biji-bijian amat disarankan. Misalnya, kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap kanker. Biji rami, khususnya, telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor pada kanker payudara.

12. Citrus

Kelompok buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, serta aneka jeruk lainnya kaya akan vitamin C dan flavonoid. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menyantap berbagai makanan tadi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan. Namun, penting untuk diingat bahwa pola makan hanyalah salah satu aspek pencegahan kanker. Gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, tidak merokok, dan membatasi alkohol, juga berperan penting dalam mengurangi risiko kanker.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement