Rabu 21 Feb 2024 14:17 WIB

Huruf Muqatha'ah di Pembuka Surat, Rahasia Allah SWT dalam Alquran

Para ahli takwil berbeda pendapat mengenai huruf-huruf muqatha'ah di awal surat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran.
Foto:

Imam Muhammad al-Zarkasyi dalam al-Burhân fî 'Ulûm al-Qur’ân memaparkan, ada 29 surat dalam Alquran yang diawali huruf muqatha'ah. Adapun jumlah huruf muqatha'ah dalam Alquran yaitu 14 huruf, bila dihitung tanpa pengulangan. Huruf-huruf tersebut terkumpul dalam ringkasan sebuah ungkapan نص حكيم قاطع له سر atau صله سحيرا من قطعك.

Sedangkan bila dihitung dengan huruf pengulangannya, maka jumlah huruf muqatha'ah dalam Alquran secara keseluruhan berjumlah 78 huruf. Sebab, huruf kâf dan nûn dipakai satu kali, huruf shâd dipakai tiga  kali, huruf tâ’ empat kali, huruf sîn lima kali, huruf râ’ enam kali, huruf ha tujuh kali, dan huruf alif dan lam masing-masing dipakai 13 kali. Huruf muqatha'ah yang paling banyak pengulangannya adalah huruf mîm dengan jumlah 17 kali.

Penggunaan huruf muqatha'ah di awal surat terbagi menjadi lima kelompok

1. Diawali satu huruf: Ada tiga surat, yaitu Surat Shad, Qaf dan al-Qalam.

2. Diawali dua huruf: Ada 10 surat yakni Ghâfir, Fussilat, Asy-Syura, al-Zukhruf, al-Dukhan, al-Jatsiyah, al-Ahqaf, Taha, al-Naml, dan Yâsin.

3. Diawali tiga huruf: Ada 13 surat yaitu enam surat dimulai dengan Alif-lâm-mîm, yakni al-Baqarah, Ali Imran, al-Ankabut, al-Rum, Lukman, al-Sajdah. Sedangkan lima surat yang diawali Alif-lam-râ yaitu surat Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, al-Hijr. Adapun dua surat sisanya diawali Ta-sin-mim, yakni Surat Asy-Syu'ara dan al-Qasas.

4. Diawali empat huruf: Ini ada dua surat, yakni al-A'raf dan al-Rad, masing-masing diawali Alif-lam-mim-shad, Alif-lâm-mîm-râ’.

5. Diawali lima huruf: Ada satu surat, yaitu Surat Maryam (Kâf-hâ-yâ-‘ain-shâd).

Sumber: Islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement