Rabu 28 Feb 2024 09:09 WIB

Selain Sering Lelah, Apa yang Terasa Kalau Kena Autoimun?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang terkena autoimun.

Red: Reiny Dwinanda
Merasa lelah, seorang perempuan menutupi mukanya. Mudah lelah merupakan salah satu gejala autoimun.
Foto: www.freepik.com
Merasa lelah, seorang perempuan menutupi mukanya. Mudah lelah merupakan salah satu gejala autoimun.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Autoimun merupakan penyakit yang terjadi akibat sistem imunitas menyerang sel-sel sehat di tubuh. Penderitanya dapat mengalami sejumlah gejala, seperti mudah lelah.

Selain itu, apa lagi yang menjadi gejala autoimun? Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus konsultan alergi imunologi, Yovita Mulyakusuma, mengatakan demam, nyeri sendi, rambut rontok, ruam-ruam di kulit merupakan tanda seseorang mengalami gejala autoimun.

Baca Juga

"Namun, pada kondisi imunodefisiensi, gejalanya berupa terkena infeksi berulang, peningkatan risiko infeksi yang serius, dan penyembuhan yang lambat dari penyakit ringan," kata dr Yovita dalam keterangannya di Tangerang, Rabu (28/2/2024).

Lebih lanjut, dr Yovita menjelaskan, pada penderita autoimun, sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan. Sistem imun keliru mengenali sel tubuhnya sendiri yang sehat sebagai zat asing, sehingga menyerang sel tubuhnya sendiri.

Penyebab orang mengalami autoimun adalah faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Bagi seseorang yang terdapat riwayat keluarga alergi atau autoimun, risikonya lebih tinggi untuk mengalaminya.

"Namun, berbagai hal seperti jenis kelamin, stres, paparan zat kimia, paparan alergen, diet, infeksi dan lain-lain, ikut berperan dalam terjadinya kondisi alergi dan autoimun tersebut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement