Rabu 28 Feb 2024 15:00 WIB

X Mulai Hadirkan Fitur Telepon Suara dan Video untuk Pengguna tak Berbayar

Fitur telepon hanya bisa dilakukan antara pengguna yang pernah berkontak DM.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
X mulai merilis fitur telepon suara dan video untuk pengguna yang tidak membayar langganan X Premium atau Twitter Blue.
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
X mulai merilis fitur telepon suara dan video untuk pengguna yang tidak membayar langganan X Premium atau Twitter Blue.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- X mulai merilis fitur telepon suara dan video untuk pengguna yang tidak membayar langganan X Premium atau Twitter Blue. Fitur telepon suara dan video ini sudah dirilis terlebih dahulu untuk pengguna X Premium.

Fitur telepon suara dan video pertama kali dirilis untuk pengguna X Premium melalui gawai iOS pada tahun lalu. Kemudian, fitur ini dihadirkan untuk pengguna X Premium melalui gawai Android pada awal Januari 2024.

Baca Juga

Pemilik X, Elon Musk, sempat berkata pada akhir Januari 2024 bahwa fitur telepon suara dan video akan tersedia untuk semua pengguna X. Perkataan ini akhirnya terwujud karena saat ini X sudah mulai merilis fitur telepon suara dan video secara bertahap untuk pengguna X yang tidak berlangganan X Premium.

Untuk saat ini, sebagian pengguna nonlangganan masih akan diminta untuk berlangganan X Premium bila menekan ikon telepon pada DM. Akan tetapi, pengguna non langganan yang sudah mendapatkan pembaruan bisa menggunakan fitur telepon tersebut tanpa harus membayar layanan X Premium.

Menurut laman resmi X, fitur telepon suara dan video hanya bisa dilakukan antara pengguna yang pernah melakukan kontak via DM, setidaknya satu kali. Meski begitu, pengguna X juga diberikan opsi untuk menerima telepon dari semua orang, bila mereka menginginkannya.

"Kami secara perlahan merilis (fitur) telepon audio dan video untuk pengguna non premium, cobalah! Sekarang Anda bisa memilih opsi untuk mengizinkan telepon masuk dari semua orang," terang engineer dari X, Enrique Barragan, seperti dilansir Engadget pada Senin (26/2/2024).

Untuk menggunakan fitur telepon suara dan video, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi X dan tap ikon amplop yang ada di bagian kanan bawah. Selanjutnya, pilih chat yang sudah ada atau buat percakapan baru.

Dari situ, pengguna dapat memilih ikon telepon dan pilih opsi telepon audio atau video, seperti dilansir Standard. Nantinya, penerima telepon akan mendapatkan notifikasi. Bila telepon tersebut terlewat, penerima telepon akan menerima notifikasi missed call.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement