Jumat 01 Mar 2024 15:58 WIB

Panduan Lampu Mobil: Jenis-Jenis dan Kapan Menggunakannya

Penting mengetahui jenis-jenis lampu yang ada di dalam mobil.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi lampu mobil. Ini Jenis-Jenis lampu yang ada di mobil.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi lampu mobil. Ini Jenis-Jenis lampu yang ada di mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin sebagian dari Anda belum pernah menggunakan lampu kabut di mobil Anda, atau bahkan tidak tahu di mana menemukannya di dasbor. Tidak perlu khawatir, karena banyak dari kita yang membutuhkan pengingat tentang fungsi berbagai lampu dan kapan menggunakannya dengan tepat.

Dilansir RAC pada Jumat (1/3/2024), berikut adalah panduan bermanfaat untuk menjelaskan segala yang perlu Anda ketahui tentang lampu mobil.

Baca Juga

1. Lampu Dipped

Lampu dipped adalah lampu depan yang paling umum digunakan. Mereka lebih terang dari lampu samping tetapi tidak seterang lampu depan full beam. Biasanya, lampu dipped digunakan saat jarak pandang sangat berkurang, seperti malam hari atau cuaca buruk.

2. Lampu Full Beam

Lampu full beam adalah jenis lampu depan paling terang pada mobil. Mereka digunakan hanya pada bagian jalan yang gelap pada malam hari, dan dimatikan saat bertemu dengan lalu lintas dari arah berlawanan atau mengikuti kendaraan lain.

3. Lampu Kabut

Lampu kabut dirancang untuk menembus kabut dan kondisi cuaca buruk. Mereka digunakan saat jarak pandang di bawah 100 meter, seperti dalam kondisi kabut. Penting untuk tidak menggunakannya saat jarak pandang lebih baik dari itu, karena dapat menyilaukan pengemudi lain.

4. Lampu Peringatan Bahaya

Lampu hazard digunakan untuk memperingatkan pengemudi lain tentang bahaya atau hambatan di jalan. Mereka hanya digunakan jika kendaraan Anda tidak bergerak, seperti saat terlibat dalam kecelakaan atau terpaksa berhenti karena suatu halangan.

5. Indikator....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement