Sabtu 02 Mar 2024 22:10 WIB

Angka Kecelakaan Tinggi, Korlantas Polri Gelar Gebyar Keselamatan

Gebyar Keselamatan Lalu Lintas telah dilaksanakan secara maraton di beberapa kota

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.
Foto: Korlantas
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi dan kegiatan Gebyar Keselamatan 2024. Ada sejumlah pelanggaran yang menjadi sasaran dalam operasi keselamatan tahun ini, di antaranya over speed atau kecepatan, penggunaan helm, sabuk pengaman dan perlindungan terhadap anak.

"Kemudian berkendara di bawah pengaruh alkohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone pada saat berkendaraan, melawan arus dan overload over dimension itu yang akan menjadi sasaran di samping pelanggaran-pelanggaran yang lainnya," ucap Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan dalam siaran pers, Sabtu (2/3/2024).

Aan mengatakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap pentingnya berkeselamatan saat berkendara pihaknya dan stakholder mencanangkan aksi keselamatan jalan. Sebab, kata dia, angka kecelakaan cukup tinggi secara nasional ada 152.000 lebih kecelakaan yang terjadi 27.000 lebih korban meninggal dunia akibat kecelakaan.

"Belum yang luka berat, permanen, cacat seumur hidup, luka ringan dan kerugian material itu bisa sampai Rp 500 miliar dalam setahun, oleh karena itu guna mendukung tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas, di gelar aksi keselamatan jalan," kata Aan.

Adapun, kata Aan, aksi keselamatan itu menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya milik Polri atau kementerian dan lembaga terkait guna mewujudkan Kamseltibcarlantas. Menurut dia, komunitas dari seluruh masyarakat yang ada juga mengucapkan ikrar untuk bersama-sama kita melakukan aksi keselamatan di jalan.

"Untuk itu saya berharap ke depannya, masyarakat bisa kita berikan pemahaman tentang arti pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan," jelas dia.

Selain itu, Dirut PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengungkapkan bahwa pihaknya akan hadir dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan. Hal itu ia sampaikan sebagai wujud aksi keselamatan berlalu lintas.

"Hari ini yang penting gagasan untuk membuat Hari Keselamatan Jalan ini menjadi kegiatan yang bersifat nasional akan menjadi sejarah bahwa aksi keselamatan jalan di Semarang ini adalah yang pertama dan akan dicanangkan di seluruh Indonesia," ungkap Rivan.

Dalam kesempatan tersebut Korlantas Polri menyumbangkan lima unit kendaraan roda dua untuk Polda Jawa Tengah, juga dilakukan penyematan pin keselamatan kepada komunitas motor dan pelajar, serta memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas, selain itu Kakorlantas juga melakukan test drive motor listrik.

Guna menumbuhkan kesadaran akan lalu lintas yg aman dan berkeselamaran, Gebyar Keselamatan Lalu Lintas telah dilaksanakan secara maraton mulai dari Kota Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Semarang, dengan dimeriahkan berbagai kegiatan seperti safety driving, cullinary corner, ATPM Showcase, dan pertunjukkan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement