Rabu 13 Mar 2024 00:06 WIB

Terima Piala Oscar dari Aktor Keturunan Vietnam, Sikap Robert Downey Jr Dinilai Rasis

Robert Downey Jr meraih Oscar kategori Best Supporting Actor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Robert Downey Jr., pemenang penghargaan untuk penampilan terbaik oleh aktor dalam peran pendukung untuk Oppenheimer, menghadiri pesta setelah Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles.
Foto: AP Photo/John Locher
Robert Downey Jr., pemenang penghargaan untuk penampilan terbaik oleh aktor dalam peran pendukung untuk Oppenheimer, menghadiri pesta setelah Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Robert Downey Jr (RDJ) tak hanya membawa pulang piala Oscar dari gelaran 96th Academy Awards, tetapi juga cercaan warganet Korea Selatan. Warganet Korea Selatan menuding bahwa RDJ adalah sosok yang rasis karena sikapnya terhadap aktor Amerika Serikat keturunan Vietnam, Ke Huy Quan.

Tudingan ini muncul setelah RDJ diumumkan sebagai pemenang piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actor pada Senin (11/3/2024). RDJ yang merupakan bintang Oppenheimer lalu naik ke atas panggung untuk menerima piala dan memberikan pidato singkat.

Baca Juga

Quan merupakan sosok yang dipilih untuk menyerahkan piala Oscar kepada RDJ di atas panggung. Namun, saat Quan menyerahkan piala, RDJ tampak mengambil piala tersebut tanpa melakukan interaksi dengan Quan. RDJ bahkan tak terlihat melakukan kontak mata dengan Quan.

Meski tak disapa oleh RDJ, Quan tampak menyampaikan ucapan selamat kepada sang aktor dengan menepuk lengan RDJ. RDJ lalu terlihat menjulurkan tangan dan menyapa orang lain di atas panggung.

Saat RDJ menjulurkan tangan, Quan terlihat ikut menjulurkan tangannya. Akan tetapi, RDJ terlihat mengabaikan dan tak menjabat tangan Quan. Warganet Korea Selatan menilai momen singkat tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa RDJ sengaja mengabaikan Quan.

"Mengapa dia mengabaikan Ke Huy Quan seperti itu?!?!?!?" tulis seorang warganet sambil mengunggah cuplikan video interaksi RDJ dan Quan di X.

Sejumlah warganet Korea Selatan juga menunjukkan ekspresi serupa melalui X. Mereka dengan kompak melayangkan kritik terhadap RDJ karena tidak memperlakukan Quan dengan baik, padahal Quan merupakan sosok yang menyerahkan piala Oscar kepadanya.

"Lihat betapa dia mengabaikannya dan mengambil piala darinya tanpa melakukan kontak mata," ucap warganet Korea Selatan.

Tak sedikit pula warganet Korea Selatan yang menyebut RDJ bersikap tidak sopan terhadap Quan. Bahkan, sebagian warganet mengklaim bahwa RDJ bersikap tak sopan kepada Quan karena dia rasis.

"Wow, dia sangat rasis," jelas warganet Korea Selatan lainnya, seperti dilansir Allkpop pada Selasa (12/3/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement