Kamis 14 Mar 2024 13:02 WIB

Dokter Spesialis Mata Bilang Kebutaan Akibat Glaukoma Bisa Dicegah

Glaukoma bisa menjadi kebutaan apabila tekanan bola mata tak terkontrol.

Red: Friska Yolandha
Pasien glaukoma (ilustrasi). Dokter spesialis mata di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dr Dinda Arken Devona, mengatakan risiko kebutaan akibat glaukoma bisa dicegah.
Foto: www.freepik.com
Pasien glaukoma (ilustrasi). Dokter spesialis mata di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dr Dinda Arken Devona, mengatakan risiko kebutaan akibat glaukoma bisa dicegah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis mata di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dr Dinda Arken Devona, mengatakan risiko kebutaan akibat glaukoma bisa dicegah apabila tekanan bola mata pasien bisa terkontrol dengan baik. Menurut Dinda tekanan bola mata akan berbeda-beda antara masing-masing pasien karena tergantung tingkat keparahan glaukoma, usia, dan faktor lainnya.

"Glaukoma bisa menjadi kebutaan apabila tekanan bola mata tak terkontrol. Tetapi apabila sudah terkontrol dengan baik maka risiko untuk mengalami kebutaan, sangat rendah," kata dia dalam acara daring bertepatan dengan peringatan World Glaucoma Week 2024 di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga

Glaukoma merupakan penyakit saraf mata yang bisa menimbulkan gangguan penglihatan terutama adanya gangguan lapang pandang yang sifatnya semakin lama bisa semakin memberat, dengan faktor risiko utama peningkatan tekanan bola mata.

Akibat peningkatan tekanan bola mata ini yakni kerusakan pada serat lembut saraf optik yang bertugas membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak.

Pada sebagian besar kasus, penyakit ini awalnya muncul tanpa gejala yang disadari pasien. Namun, saat kondisi sudah lebih lanjut, tanda yang biasanya dialami pasien salah satunya gangguan lapang pandang yang menyempit.

Kondisi ini bisa menyebabkan pasien mengeluhkan sering tersandung saat berjalan, kemudian apabila sudah memberat maka menyebabkan penglihatan pasien seperti mengintip dari lubang kunci. Selain itu, tanda lainnya, yakni mata terasa pegal mulai ringan sampai sangat nyeri di mata.

"Pada episode tertentu atau glaukoma akut, mata merah disertai nyeri sehingga bisa menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, pasien seperti melihat cincin bercahaya atau gambaran pelangi, penglihatan sangat buram," jelas Dinda.

Merujuk data yang pernah disampaikan perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) pada tahun 2021, di Indonesia dengan populasi pada tahun 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan.

Lalu, sebanyak 1,6 juta orang mengalami kebutaan ditambah dengan 6,4 juta orang dengan gangguan penglihatan sedang dan berat.

Dari jumlah tersebut sebanyak 81,2 persen gangguan penglihatan disebabkan oleh katarak. Penyebab lainnya adalah refraksi atau glaukoma, atau kelainan mata hal-hal lainnya seperti kelainan refraksi, glaukoma atau kelainan mata yang berhubungan dengan diabetes.

Terkait faktor risiko, selain peningkatan bola mata, kondisi seperti riwayat keluarga dengan glaukoma, ketebalan kornea yang tipis, pasien mata minus dan plus, pasien diabetes dan pengobatan steroid jangka panjang diketahui bisa meningkatkan risiko seseorang terkena glaukoma.

Oleh karena itu, menurut Dinda, demi mencegah terkena glaukoma, seseorang khususnya dengan faktor risiko sebaiknya melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan mata dan berkonsultasi rutin dengan dokter mata.

"Glaukoma dikenal sebagai penyebab kebutaan nomor dua di dunia setelah katarak. Ini harus diwaspadai jangan sampai glaukoma dan berakhir kebutaan," demikian pesan Dinda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement