Kamis 14 Mar 2024 15:29 WIB

Strategi dan Inovasi Jadi Faktor Utama Pertumbuhan Pupuk Kaltim pada 2023

Pupuk Kaltim telah berhasil menerapkan strategi dan inovasi pada dua aspek kunci.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam pengembangan bisnis sepanjang 2023 hingga awal 2024. (ilustrasi)
Foto: facebook.com/pupukkaltim
Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam pengembangan bisnis sepanjang 2023 hingga awal 2024. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mengimplementasikan strategi serta inovasi dalam pengembangan bisnis sepanjang 2023 hingga awal 2024.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan Pupuk Kaltim telah mengimplementasikan strategi perusahaan serta penerapan aktivitas penyelarasan bisnis atau reinvention business yang mencangkup beberapa aspek yaitu pertumbuhan, keberlanjutan, inklusivitas, sinergitas, dan kolaborasi dalam lingkup perusahaan. 

 

"Alhamdulillah, hingga saat ini, Pupuk Kaltim telah berhasil dalam mengimplementasikan rangkaian strategi perusahaan yang berbasis pada prinsip growth strategy, baik pada sektor produksi dan suplai, diversifikasi usaha, hingga ekspansi geografis," ujar Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

 

Budi menjelaskan, Pupuk Kaltim telah berhasil menerapkan strategi dan inovasi pada dua aspek kunci, yaitu implementasi teknologi dan manajemen SDM yang unggul, terutama dalam mendukung dekarbonisasi dan pengurangan emisi karbon. Dalam satu dekade pertama sejak digagas pada 2022, ucap Budi, Pupuk Kaltim berkomitmen mengurangi hingga sepertiga emisi karbon pada 2030 dan berkontribusi terhadap target pemerintah mencapai Net Zero Emission di 2060.

 

Untuk terus mengembangkan bisnisnya, lanjut Budi, Pupuk Kaltim terus menerapkan operational excellence di seluruh lini bisnis dan operasional sambil menjaga produktivitas pertanian nasional, serta memastikan keamanan distribusi pupuk demi mendukung ketahanan pangan nasional.

 

"Pada aspek keberlanjutan bisnis, Pupuk Kaltim sebelumnya telah merumuskan rencana bisnis untuk periode 2021-2030, yang salah satunya berfokus pada inovasi teknologi yang efektif dan ramah lingkungan serta didukung oleh prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG)," ucap Budi.

 

Untuk aspek inklusivitas dan sinergitas, Budi menegaskan komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang menekankan pentingnya praktik bisnis yang transparan, etis, dan bertanggung jawab. Budi menyampaikan Pupuk Kaltim juga  terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan agar dapat lebih memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yang lebih besar. 

 

"Hal ini salah satunya diterapkan melalui program Makmur telah dilaksanakan sejak 2020 dan dilakukan bersama dengan Pupuk Indonesia melalui sinergi Kementerian BUMN," ucap Budi.

 

Melalui program ini, sambung Budi, Pupuk Kaltim berkontribusi dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan para petani hingga pendampingan secara berkelanjutan. Budi menyampaikan tiga penghargaan pada Anugerah BUMN 2024 untuk kategori Best CEO Visionary Leadership, Best Corporate in Carbonization Initiative, dan Pengembangan Talenta dan SDM Unggul Perusahaan Terbaik merupakan hasil dari langkah transformasi perusahaan. 

 

"Pupuk Kaltim semakin termotivasi untuk terus berinovasi dalam mewujudkan formula terbaik untuk mengelola perusahaan, terutama di tengah tuntutan industri 4.0 di seluruh aspek bisnis kami, guna mencapai efektivitas dan efisiensi yang lebih baik," lanjut Budi.

 

Budi berharap Pupuk Kaltim dapat menjadi inspirasi dalam memajukan perekonomian Indonesia, khususnya untuk industri pupuk dan petrokimia. Budi menyebut torehan positif ini juga merupakan buah dari kerja keras seluruh insan Pupuk Kaltim dalam mengimplementasikan strategi perusahaan. 

 

"Harapannya, dengan inovasi yang konsisten dan penerapan langkah-langkah strategis yang maksimal, bukan hanya di Pupuk Kaltim tetapi juga di seluruh lingkup BUMN, kita dapat bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Budi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement