Kamis 14 Mar 2024 16:12 WIB

Imbas Banjir di Semarang, Sejumlah Perjalanan KA di Daop 3 Cirebon Terganggu

Terjadi perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Daop 3 Cirebon lakukan upaya pencegahan gangguan perjalanan KA di titik rawan banjir dan kontur tanah labil
Foto: Dok Humas Daop 3 Cirebon
Daop 3 Cirebon lakukan upaya pencegahan gangguan perjalanan KA di titik rawan banjir dan kontur tanah labil

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sejumlah perjalanan kereta api yang melintasi wilayah Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon terganggu. Hal itu imbas adanya genangan banjir pada jalur KA di wilayah Daop 4 Semarang. Genangan air banjir saat ini terjadi di tiga titik di wilayah Daop 4 Semarang. Yakni, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang – Kaliwungu.

‘’Kejadian ini terjadi pada Kamis (14/3/2023) pukul 00.30 WIB karena curah hujan yang tinggi sehingga di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi. Dampaknya, terjadi perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa,’’ ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga

Rokhmad pun, memohon maaf atas terganggunya perjalanan kereta api dampak dari cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA di wilayah Semarang sementara tidak dapat dilalui. Rokhmad mengatakan, KAI segera melakukan upaya perbaikan jalur rel di lokasi tersebut dengan mengerahkan petugas prasarana dan menyiapkan material di lokasi yang terendam banjir tersebut.

Saat ini, kata dia, petugas KAI Daop 4 Semarang pun terus melakukan normalisasi jalur tersebut, dan perjalanan kereta dialihkan memutar. KAI juga memberikan Service recovery (SR) berupa minuman , makanan ringan dan makanan berat kepada para pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir tersebut. 

Adapun rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 KA yang melintas di jalur Utara ke jalur Selatan yakni :

1. KA Pandalungan sebanyak dua KA

2. KA Argo Bromo anggrek sebanyak dua KA

3. KA Majapahit sebanyak dua KA

4. KA Brawijaya

5. KA Sembrani sebanyak dua KA

6. KA Kertajaya

7. KA Harina

8. KA Darmawangsa

9. KA Gumarang

10. KA Jayabaya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement