Selasa 19 Mar 2024 17:06 WIB

Pekan Kedua Puasa, Harga Beras dan Cabai di Majalengka Mulai Sedikit Turun

Harga beras premium turun menjadi Rp 16 ribu per kilogram dari Rp 17 Ribu

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
harga beras dan cabai mulai turun
Foto: Video M Fauzi Ridwan/Republika
harga beras dan cabai mulai turun

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA---Memasuki pekan kedua bulan puasa, harga beras dan cabai di Pasar Sindangkasih, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, semakin turun. Pengelola Pasar Sindangkasih Cigasong, Supriadi mengatakan, harga beras premium KW II saat ini mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga beras premium KW II sempat menembus Rp 17 ribu per kilogram.

‘’Mulai turunnya itu pada 4 Maret 2024, harga beras premium menjadi Rp 16 ribu per kilogram. Nah sekarang turun lagi jadi Rp 15 ribu per kilogram,’’ ujar Supriadi, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Supriadi mengatakan, penurunan harga juga terjadi pada beras medium KW I, yang semula mencapai Rp 16 ribu per kilogram. Pada awal Maret, harganya turun menjadi Rp 15 ribu per kilogram dan dan kini turun lagi menjadi Rp 14.500 per kilogram.

Kondisi berbeda terjadi pada harga beras medium KW II yang harganya relatif stabil. Yakni di kisaran Rp 14 ribu per kilogram sejak awal Maret 2024 hingga sekarang. ‘’Alhamdulillah, saat ini harga beras di Pasar Sindangkasih Cigasong berangsur menurun,’’ kata Supriadi.

Berbeda dengan beras yang sudah mengalami penurunan sejak awal Maret, kata Supriadi, harga daging di Pasar Sindangkasih Cigasong justru sempat naik. Namun, dia memastikan komoditas tersebut kembali turun pada pekan kedua Ramadhan.

Supriadi menyebutkan, harga daging sapi sekarang Rp 140 ribu per kilogram. Sedangkan daging kambing Rp 180 ribu per kilogram. ‘’Waktu awal puasa, harga kedua jenis daging itu sempat naik Rp 20 ribu,’’ kata Supriadi.

Menurut Supriadi, penurunan harga juga terjadi pada sejumlah komoditas lainnya. Untuk harga daging ayam, di awal puasa sempat menembus Rp 50 ribu per kilogram. Namun saat ini sudah menjadi Rp 46 ribu per kilogram.

Begitu pula harga cabai merah, yang sebelumnya Rp 100 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Selain itu, cabai merah keriting yang juga sempat menembus Rp 100 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 70 ribu per kilogram. Harga cabai merah biasa pun ikut turun Rp 20 ribu, dari yang awalnya Rp 80 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

‘’Tiga jenis cabai merah ini harganya sempat naik pada awal Maret 2024. Setelah itu berangsur turun,’’ kata Supriadi.

Meski demikian, Supriadi mengakui, dari hasil pemantauan juga terdapat sejumlah komoditas yang harganya naik memasuki pekan kedua bulan puasa. Di antaranya, harga kol dari Rp 8 ribu per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogram dan daun bawang dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement