Kamis 21 Mar 2024 00:02 WIB

Dikeluhkan Warga, Pemkab Sidoarjo Perbaiki Jalan Rusak di Jumputrejo

Jalan di Desa Jumputrejo yang diperbaiki juga akan ditinggikan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.
Foto: Dok Pemprov Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, merespons keluhan warga soal jalan rusak di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono. Tim satgas jalan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air sudah dikerahkan untuk melakukan perbaikan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, jalan rusak yang dikeluhkan warga itu posisinya lebih rendah dari lingkungan sekitarnya. Karena itu, kata dia, jalan tersebut akan ditinggikan. “Jalan yang rusak itu lebih rendah, sehingga kalau hujan, air ngantong. Terutama jalan yang di depan Masjid Badrul Hasan lebih ditinggikan lagi,” ujar dia, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Koordinator Satgas Jalan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Bambang Kristanto menjelaskan, kerusakan jalan tersebut dipengaruhi aliran air yang tidak lancar di drainase. “Kebanyakan saluran air ada di dalam pagar warga, rumah warga juga lebih tinggi dari jalan ini, sehingga air hujan kurang lancar mengalir,” kata Bambang.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono, pada tahap pertama jalan di Dusun Keling, Desa Jumputrejo, itu ditinggikan dengan dilakukan pengurukan, yang lokasinya di depan Masjid Badrul Hasan. “Jalan yang diperbaiki panjangnya kurang lebih 100 meter dan jalan depan masjid itu akan ditinggikan,” kata dia.

Dwi mengatakan, saat ini urukan di jalan yang rusak itu tengah diratakan. Setelah itu, kata dia, akan dipadatkan dengan mesin. “Kira-kira 5-6 hari pengerjaan jalan aspal ini akan selesai, itu pun jika tidak terkendala hujan. Mudah-mudahan cuaca mendukung, sehingga pengerjaan perbaikan jalan ini dapat cepat selesai,” ujar Dwi.

Bupati memastikan Pemkab Sidoarjo terus berupaya untuk membenahi jalan yang kondisinya rusak. “Perbaikan jalan rusak terus dilakukan. Kemarin jalan Kletek sudah mulai diperbaiki dan hari ini tadi jalan Dusun Keling, Jumputrejo. Kemudian ruas jalan lingkar timur dan Jalan Brigjen Katamso, Waru, juga sudah dilakukan perbaikan. Kami atas nama pemkab mohon maaf perjalanan terganggu karena adanya perbaikan jalan,” kata Bupati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement