Sabtu 23 Mar 2024 16:39 WIB

Pemprov Jatim Kirim Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa di Bawean

Pemprov Jatim juga akan menyiapkan tenda pengungsian di Pulau Bawean.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gempa.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK — Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak gempa di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim pun akan menyiapkan tenda pengungsian.

Sekretaris BPBD Provinsi Jatim Andhika N Sudigda mengatakan, bantuan yang dikirimkan, antara lain berupa makanan siap saji 50 karton, air mineral 50 karton, lauk-pauk 50 karton, dan bahan pokok 100 paket.

Baca Juga

Selain itu, terpal 200 buah, matras 100 buah, selimut 200 buah, juga tenda untuk pengungsi. “Rencana yang pertama setelah tiba di Bawean, kami akan membuka tenda pengungsian terlebih dahulu. Kemudian melakukan penilaian awal terkait kerusakan yang terjadi di Bawean,” kata Andhika di Pelabuhan Gresik, Sabtu (23/3/2024).

Andhika mengatakan, berdasarkan laporan awal, ada beberapa bangunan di Pulau Bawean yang mengalami kerusakan akibat terdampak gempa pada Jumat (22/3/2024). Seperti rumah, tempat ibadah, dan sekolah. 

Menurut dia, pihaknya akan melakukan penilaian awal untuk bisa melakukan pemetaan guna menentukan langkah lebih lanjut. “Kami akan pastikan sendiri, sehingga bisa menangani apa yang harus dikerjakan di hari-hari berikutnya,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement