Memahami Nuzulul Quran yang Jatuh pada 28 Maret 2024 dan Periode Turunnya Alquran

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 12:04 WIB

Santri melakukan tadarus Al-Quran Foto: Wihdan Hidayat / Republika Santri melakukan tadarus Al-Quran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nuzulul Quran atau peristiwa turunnya Alquran biasanya diperingati umat Islam setiap 17 Ramadhan. Umat Islam juga perlu mengetahui apa itu Nuzulul Quran periode partama dan periode kedua.

Pemerintah Indonesia memutuskan 1 Ramadhan 2024 bertepatan dengan 12 Maret 2024. Maka 17 Ramadhan atau Nuzulul Quran jatuh pada Kamis (28/3/2024). Maka, Rabu (27/3/2024) malam bisa dikatakan sebagai malam Nuzulul Quran.

Baca Juga

KH Ahmad Sarwat dalam laman Rumah Fiqih menjelaskan Alquran itu sebenarnya turun dalam dua kali periode penurunan. Dua-duanya bisa disebut dengan Nuzulul Quran.

Namun, yang dirayakan pada tanggal 17 Ramadhan, sebenarnya itu peristiwa turunnya Alquran periode yang kedua, bukan periode yang pertama. Saat itu, yang turun sebenarnya hanya 5 ayat pertama dari surat Al-Alaq saja, tidak semua ayat.

Meski demikian, peristiwa itu jadi momen penting karena menandakan dua hal. Pertama, turunnya ayat Alquran pertama kali di masa Nabi Muhammad SAW. Kedua, momen pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul.

"Maka ketika kita memperingatinya pada tanggal 17 Ramadhan sebenarnya yang kita peringati adalah momen turunnya 5 ayat pertama Alquran sekaligus momen peresmian kenabian Nabi Muhammad SAW," kata KH Ahmad Sarwat, dilansir dari laman Rumah Fiqih, Rabu (27/3/2024)

Adapun turunnya semua ayat Alquran membutuhkan waktu hingga 23 tahun, yaitu hingga Rasulullah SAW dipanggil Allah SWT menghadapnya.

Periode turunnya Alquran...

Terpopuler