Kamis 28 Mar 2024 09:17 WIB

AHY Enggan Ungkap Kader Demokrat yang Dipersiapkan Jadi Menterinya Prabowo

AHY menegaskan Demokrat tidak akan menuntut soal pengisian kursi menteri ke Prabowo.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang dengan  Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan lukisan dalam acara silahturahmi dan buka puasa bersama kader Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (27/4/2024). Acara silahturahmi ini sekaligus menegaskan Partai Demokrat akan ikut bersama-sama membangun pemerintahan ke depan dan menyukseskan kabinet Prabowo-Gibran.
Foto: Republika/Prayogi
Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang dengan Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan lukisan dalam acara silahturahmi dan buka puasa bersama kader Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (27/4/2024). Acara silahturahmi ini sekaligus menegaskan Partai Demokrat akan ikut bersama-sama membangun pemerintahan ke depan dan menyukseskan kabinet Prabowo-Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut bahwa capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto sudah meminta dirinya menyiapkan kader-kader terbaik untuk menjadi menteri. Namun, AHY enggan membeberkan nama-nama kader yang akan disetorkan kepada Prabowo.

Menurut AHY, mengungkapkan nama ataupun jumlah kader Demokrat yang dipersiapkan untuk menjadi menteri hanya akan menimbulkan polemik yang tak perlu. Apalagi, pengisian kursi menteri sepenuhnya hak Prabowo, bukan partai.

Baca Juga

"Saya tidak ingin membuat polemik-polemik yang tidak perlu. Yang jelas, saya dan kami keluarga besar Partai Demokrat sangat menghormati Pak Prabowo sebagai presiden terpilih yang pada saatnya secara resmi akan memiliki hak prerogatif untuk menentukan jajaran pembantunya," kata AHY kepada wartawan usai acara buka puasa Partai Demokrat bersama Prabowo di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

AHY juga yakin Prabowo akan memilih orang-orang yang punya kompetensi untuk menjadi menteri, sehingga bisa menjalankan program-program yang direncanakan pemerintah Prabowo-Gibran kelak. Di sisi lain, AHY memastikan bahwa kader-kader Demokrat yang menjadi menteri akan bekerja dengan sungguh-sungguh.

Lebih lanjut, putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut bahwa pihaknya tidak akan menuntut kepada Prabowo soal pengisian kursi menteri. AHY yakin Prabowo bakal menepati komitmennya dengan Partai Demokrat terkait kursi menteri.

"Yang kami pegang adalah komitmen dan tentunya beliau juga dengan niat yang bersih dan terbuka untuk terus berkomunikasi dengan kami Partai Demokrat," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang dalam Pemerintahan Jokowi itu.

AHY awalnya mengungkapkan terkait pengisian kursi menteri dalam pidatonya ketika membuka acara buka puasa bersama itu. "Bapak (Prabowo) juga sudah memerintahkan kepada saya untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang," ujarnya di hadapan Prabowo.

Sementara itu, Prabowo dalam pidatonya menyebut bahwa kader-kader terbaik Partai Demokrat akan bekerja bersamanya dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju.

"Partai Demokrat dengan kader-kader terbaiknya akan bersama saya, akan bekerja bersama saya untuk mewujudkan cita-cita yang kita muliakan," kata Prabowo, sosok yang hampir pasti bakal menjadi presiden RI ke-8 pada Oktober 2024 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement