Jumat 29 Mar 2024 20:39 WIB

Polda Metro Tutup JLNT Casablanca Karena Lalu Lintas Malam Sepi

Polda Metro Jaya menutup JLNT Casablanca saat malam karena lalu lintas sepi.

Red: Bilal Ramadhan
Pengendara motor melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta. Polda Metro Jaya menutup JLNT Casablanca saat malam karena lalu lintas sepi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengendara motor melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta. Polda Metro Jaya menutup JLNT Casablanca saat malam karena lalu lintas sepi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menutup Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan mulai 1 April 2024 pada pukul 21.00-04.00 WIB karena mulai pukul 21.00 WIB ke atas lalu lintas di tempat tersebut cenderung sepi. 

"Kita evaluasi, ternyata Casablanca itu setelah jam 9 malam arus yang dari arah barat ke timur maupun timur ke barat itu sudah landai. Jadi, jalur bawah itu bisa digunakan dengan nyaman," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga

Selain itu menurut Latif, penutupan JLNT tersebut juga agar pada malam hari tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab khususnya untuk yang melakukan balapan liar. Latif menambahkan penutupan JLNT Casablanka akan dibuka kembali pada pukul 04.00 WIB.

"Sehingga sampai jam empat (pagi) nanti orang sudah mulai bekerja, kita buka kembali. Jadi, dari jam sepuluh malam sampa jam empat pagi karena kalau kita biarkan kemarin kita gunakan tutup dengan 'water barrier' pun dibuka, lebih baik kita tutup sementara demi keamanan," katanya.

Latif juga menampik penutupan tersebut karena sebelumnya terjadi kecelakaan di lokasi tersebut. "Itu sudah kecelakaan yang ke berapa kalinya, udah banyak kecelakaan yang terjadi, sebetulnya udah lama kita rencanakan kita melakukan koordinasi sehingga kita lakukan sosialisasi sehingga betul-betul untuk jaga keamanan di itu," jelasnya.

Sebelumnya menurut keterangan resmi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan terbatas Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan mulai pada 1 - 15 April 2024.

Sebagai rute alternatif kendaraan dari arah barat (Tanah Abang) maupun dari arah timur (Casablanca) dapat melalui jalur bawah jalan Prof Dr Satrio. Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement