Ahad 31 Mar 2024 10:46 WIB

Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

BRI menggunakan AI untuk terus bertransformasi digital.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan BRI dapat dikatakan bank yang sangat dekat dengan teknologi.
Foto: BRI
Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan BRI dapat dikatakan bank yang sangat dekat dengan teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bank yang menjalankan transformasi digital, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen untuk berinovasi. Seperti diketahui, perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama di bidang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) memacu hampir seluruh industri untuk berlomba-lomba dalam pemanfaatannya, termasuk BRI yang juga menggunakan AI untuk terus bertransformasi digital.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan BRI dapat dikatakan bank yang sangat dekat dengan teknologi. “Kami adalah industri yang sangat dekat dengan teknologi. AI adalah cara kami untuk bisa menghumanisasi layanan-layanan kami terutama layanan digital,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

Salah satu aspek yang menjadi perhatian BRI adalah bagaimana menghadirkan layanan perbankan yang lebih humanis, terutama bagi segmen usaha, menengah, kecil, dan mikro (UMKM) yang merupakan pangsa pasar utama perusahaan. Meskipun telah melek digital, mereka masih merasakan keengganan dan kecemasan saat berinteraksi dengan layanan keuangan.

“Dengan keahlian kami di bidang microfinance, kami melihat bahwa kami harus melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah, kami lihat AI adalah cara kami untuk menghumanisasi layanan-layanan kami, utamanya yang digital,” imbuhnya.