Kamis 18 Apr 2024 19:17 WIB

Remaja Mulai Mencari Jati Diri, Ini yang Perlu Dilakukan Ortu Agar Anak tak Kebablasan

Dalam proses pencarian jati diri, remaja kerap mengeksplorasi banyak hal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua dan anak remaja (ilustrasi).  Ada beberapa hal lain yang juga perlu dilakukan oleh orang tua untuk memastikan keamanan anak remaja mereka selama melakukan pencarian jati diri.
Foto: www.freepik.com
Orang tua dan anak remaja (ilustrasi). Ada beberapa hal lain yang juga perlu dilakukan oleh orang tua untuk memastikan keamanan anak remaja mereka selama melakukan pencarian jati diri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usia remaja merupakan masa untuk pencarian jati diri dan pembentukan identitas. Pada masa ini, anak-anak akan mulai mencoba mengenali diri mereka sendiri, mempelajari nilai yang mereka yakini, serta menemukan tempat yang sesuai untuk mereka.

"Ini membuat usia remaja menjadi jendela pertumbuhan yang sensitif," ungkap research officer Tanya Stephenson melalui laman resmi Monash University, seperti dikutip pada Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Remaja dengan persepsi identitas diri yang lemah cenderung menghadapi masalah dengan kepercayaan diri. Mereka juga bisa menjadi lebih berisiko terhadap masalah kesehatan mental atau lebih rentan untuk melakukan perilaku berisiko.

"Remaja yang memiliki persepsi identitas diri yang kuat lebih berdaya untuk membuat keputusan hidup. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang sehat dan pandangan yang positif terhadap hidup," ujar Stephenson.