Kamis 18 Apr 2024 19:41 WIB

Pendeta Gilbert Ledek Gerakan Sholat, Duduk Tasyahud Terbukti Bermanfaat Secara Medis

Gerakan sholat telah banyak diteliti manfaatnya secara medis.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Muslim sholat berjamaah (Ilustrasi). Setiap gerakan sholat mendatangkan manfaat tersendiri bagi kesehatan.
Foto:

Khasawneh dan rekan menemukan bahwa posisi rukuk adalah yang paling membuat tekanan pada punggung bagian bawah. Namun, bagi individu dengan nyeri punggung bawah, menggunakan sudut lutut dan punggung dengan tepat selama gerakan rukuk dapat mengurangi rasa sakit.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Republika Online (@republikaonline)

Kekuatan kompresi maksimum yang dihasilkan selama gerakan sholat jauh lebih rendah daripada batas keamanan Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH). Gerakan tersebut dapat dianggap sebagai pengobatan klinis untuk nyeri pinggang karena melibatkan gerakan tubuh manusia yang berbeda secara teratur.

"Posisi sujud meningkatkan elastisitas sendi. Dianjurkan bagi orang-orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam posisi sujud," kata Khasawneh.

Penelitian lebih lanjut dinilai diperlukan pada individu dengan disabilitas fisik, pada mereka yang memiliki tipe tubuh lebih ekstrem, dan ibu hamil. Khasawneh dan rekan berencana untuk memvalidasi temuannya dengan eksperimen fisik menggunakan sensor dan kamera untuk mengetahui tekanan pada bagian-bagian tubuh saat sholat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement