Selasa 30 Apr 2024 14:45 WIB

Falcon 9 Meluncurkan Satelit Navigasi Galileo 

Falcon 9 membawa satelit Galileo GM25 dan FM27.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Falcon 9 berhasil menempatkan sepasang satelit navigasi Galileo ke orbit pada 27 April dalam peluncuran yang tidak biasa dalam beberapa aspek.
Foto: AP Photo/John Raoux
Falcon 9 berhasil menempatkan sepasang satelit navigasi Galileo ke orbit pada 27 April dalam peluncuran yang tidak biasa dalam beberapa aspek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Falcon 9 berhasil menempatkan sepasang satelit navigasi Galileo ke orbit pada 27 April dalam peluncuran yang tidak biasa dalam beberapa aspek. Falcon 9 lepas landas dari Kompleks Peluncuran 39A Kennedy Space Center pada pukul 20.34 eastern time

Dilansir Space News, Selasa (30/4/2024), Falcon 9 membawa satelit Galileo GM25 dan FM27. Badan Program Luar Angkasa Uni Eropa atau EUSPA, badan Uni Eropa yang menangani operasi-operasi Galileo, mengonfirmasi bahwa satelit-satelit tersebut sudah berada di orbit dan beroperasi beberapa jam kemudian. 

Baca Juga

Peluncuran tersebut dilakukan dengan tingkat kerahasiaan yang biasanya dilakukan untuk peluncuran rahasia keamanan nasional. SpaceX tidak menyediakan video dari peluncuran setelah pemisahan tahap dan mengakhiri webcast-nya setelah konfirmasi pemisahan struktur logam muatan. Perusahaan menunda kepada pelanggan untuk pembaruan lebih lanjut mengenai misi tersebut. 

Tidak jelas apa yang mendorong peningkatan kerahasiaan tersebut. Peluncuran satelit Galileo sebelumnya dengan roket Ariane dan Soyuz dari Guyana Prancis memiliki jangkauan yang lebih luas, begitu pula peluncuran Falcon 9 milik rekan Galileo di Amerika, Global Positioning System.