Rabu 01 May 2024 16:11 WIB

Larangan TikTok di AS Juga Mengancam CapCut, Diprotes Ahli dan Kreator Konten

Pengeditan video di CapCut dinilai lebih mudah dan intuitif.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Aplikasi Capcut. Seiring dilarangnya TikTok di Amerika, aplikasi edit video Capcut juga terancam.
Foto: Capcut
Aplikasi Capcut. Seiring dilarangnya TikTok di Amerika, aplikasi edit video Capcut juga terancam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan disahkannya undang-undang yang secara efektif dapat melarang TikTok, produk utama perusahaan induk ByteDance lainnya, platform editor video pendek CapCut, juga berpotensi mendapat ancaman serupa. Beberapa staf legislatif yang mengetahui RUU tersebut, mengonfirmasi CapCut juga akan tunduk pada persyaratan divestasi atau pelarangan yang sama seperti TikTok.

Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan runtuhnya seluruh ekosistem video pendek, menurut pendapat sejumlah analis. Dengan video berdurasi pendek yang menjadi cara utama kaum muda mengekspresikan diri mereka secara daring, pelarangan CapCut akan menghambat ekspresi diri jutaan anak muda, menurut para pakar dan pembuat konten.

Baca Juga

"Aplikasi populer TikTok sedang bersiap untuk memperjuangkan kelangsungan hidupnya di pengadilan setelah Presiden AS Joe Biden menandatangani undang-undang yang menyerukan penjualan paksa atau pelarangan aplikasi tersebut di Amerika Serikat," demikian laporan, seperti dilansir The Washington Post, Rabu (1/5/2024).

Sejak diluncurkan kembali di Amerika Serikat pada 2018, TikTok telah mengubah lanskap video. Sebelumnya, sebagian besar konten video diproduksi dalam format horizontal atau persegi. 

TikTok mengarusutamakan video vertikal berdurasi cepat, diedit, dan berdurasi pendek. Ketika popularitas TikTok melonjak, video pendek menjadi bentuk ekspresi dominan bagi jutaan pembuat konten dan pengguna muda di internet. 

Fitur video pendek seperti TikTok diintegrasikan ke Instagram lewat Reels dan YouTube melalui YouTube Shorts. Bahkan Netflix dan LinkedIn telah meluncurkan konten vertikal pendek dalam umpan rekomendasi algoritmik mereka.

Namun, memproduksi konten ini hampir mustahil bagi rata-rata pengguna tanpa seperangkat alat pengeditan di aplikasi pengeditan video seperti CapCut yang juga satu grup dengan TikTok. Meskipun aplikasi dan platform pengeditan video sudah ada sebelum ByteDance memperkenalkan CapCut pada April 2020, sebagian besar aplikasi dan platform tersebut kurang menarik.

Selain itu, dirancang buruk, atau ditujukan untuk audiens yang lebih profesional, seperti Adobe Premiere. Karena itulah CapCut dianggap hadir sebagai 'game changer'.

Aplikasi ini memungkinkan....

 

 

 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ النَّبِيّٖنَ لَمَآ اٰتَيْتُكُمْ مِّنْ كِتٰبٍ وَّحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهٖ وَلَتَنْصُرُنَّهٗ ۗ قَالَ ءَاَقْرَرْتُمْ وَاَخَذْتُمْ عَلٰى ذٰلِكُمْ اِصْرِيْ ۗ قَالُوْٓا اَقْرَرْنَا ۗ قَالَ فَاشْهَدُوْا وَاَنَا۠ مَعَكُمْ مِّنَ الشّٰهِدِيْنَ
Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.” Allah berfirman, “Apakah kamu setuju dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman, ”Kalau begitu bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi bersama kamu.”

(QS. Ali 'Imran ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement