Ahad 12 May 2024 13:10 WIB

Inggris akan Benahi Penghalang Banjir Antisipasi Krisis Iklim

Penghalang banjir di Inggris perlu ditinggikan terkait perubahan cuaca.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Warga melintasi genangan air banjir di kawasan pemukiman di Carlisle, Inggris.
Warga melintasi genangan air banjir di kawasan pemukiman di Carlisle, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penghalang banjir Thames di London, Inggris, dinilai perlu ditinggikan setengah meter guna melindungi kawasan tersebut dari bencana akibat perubahan iklim. Hal ini disampaikan oleh para pejabat London pada peringatan 40 tahun Thames Barrier, yang telah melindungi daratan dari banjir yang terkait dengan air pasang dan gelombang badai

Meskipun pada awalnya dimaksudkan untuk melindungi London hingga tahun 2030, Thames Barrier akan berfungsi hingga tahun 2070, menurut perkiraan Badan Lingkungan Hidup Inggris.

Baca Juga

Namun, permukaan air laut diproyeksikan akan naik sekitar satu meter pada tahun 2100 dan badai akan semakin intens akibat perubahan iklim. Hal ini, menurut para pejabat, berarti pertahanan banjir yang lebih besar akan dibutuhkan.

Sebagai upaya adaptasi iklim, pemerintah London telah berencana meninggikan Thames Barrier hingga 50 centimeter pada tahun 2040. Pertahanan banjir yang berada di sepanjang sungai Thames hilir ini juga akan diperluas hingga ke pusat kota London pada tahun 2050.