Kamis 16 May 2024 12:40 WIB

Partai Golkar, Gerindra, dan Demokrat Sepakat Koalisi Maju di Pilkada Indramayu 2024

Ada sejumlah nota kesepakatan yang lahir dalam deklarasi tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ketua DPD Golkar Kabupaten Indramayu, Syaefudin.
Foto: Lilis Sri Handayani/Republika
Ketua DPD Golkar Kabupaten Indramayu, Syaefudin.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Tiga partai politik mendeklarasikan Koalisi Indramayu  Maju  (KIM) untuk Pilkada 2024 Kabupaten Indramayu. Mereka pun masih membuka diri bagi partai lain untuk juga ikut bergabung. Ketiga partai politik tersebut adalah Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat. Di tingkat pusat, ketiga parpol itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres kemarin.

Deklarasi Koalisi Indamayu Maju dihadiri oleh Ketua DPD Partai Golkar Indramayu, Syaefudin dan Sekretaris  Muhaemin, Ketua DPC Partai Gerindra, Kasan Basari dan Sekretaris M Ali Akbar, serta Ketua DPC Partai Demokrat, Nico Antonio dan Sekretaris Wahyu Kurniawan. Deklarasi dilakukan di salah satu  hotel di Kabupaten Indramayu, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga

Ada sejumlah nota kesepakatan yang lahir dalam deklarasi tersebut. Di antaranya, setiap Parpol dalam koalisi itu memiliki hak dan kedudukan yang sama dalam mengusulkan bacabup/bacawabup Indramayu. 

Terkait nama-nama yang akan diusulkan kepada DPP masing-masing Parpol adalah nama-nama yang telah mendaftarkan diri pada parpol yang tergabung di dalam koalisi. Selanjutnya, pasangan cabup/cawabup Indramayu yang akan dicalonkan oleh koalisi adalah paslon yang mendapatkan persetujuan bersama dari DPP parpol yang tergabung dalam Koalisi Indramayu Maju.