Sabtu 18 May 2024 13:11 WIB

15 Universitas Tertua di Dunia, yang Paling Tua Dibangun Umat Islam 

Universitas harus menjadi tempat riset terbaik.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi riset mahasiswa perguruan tinggi.
Foto: Dok Unigoro
Ilustrasi riset mahasiswa perguruan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat sekitar 25.000 universitas di dunia yang menyediakan beragam peluang pendidikan tinggi, namun sudah berapa lama sebenarnya universitas tersebut berdiri. Ternyata banyak catatan peneliti yang sepakat bahwa universitas tertua di dunia dibangun oleh Muslim di benua Afrika.

Dilansir dari artikel yang ditulis Jessica Mason pada laman Oxford Scholastica Academy, dituliskan ada 15 universitas tertua di dunia. Berikut ini 15 universitas tertua yang dipublis laman Oxford Scholastica Academy, Juli 2023.

Baca Juga

1. Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas tertua di dunia adalah Universitas Al-Qarawiyyin, di Fez, Maroko, Benua Afrika. Awalnya didirikan sebagai masjid pada tahun 859, sebelum berkembang menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka di Zaman Keemasan Islam.

Pada tahun 1963, universitas Al-Qarawiyyin secara resmi menjadi bagian dari sistem universitas negeri modern di Maroko. Sekarang dikenal luas sebagai universitas tertua yang masih beroperasi di dunia.

Universitas Al-Qarawiyyin telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendidikan Islam global, dan telah memainkan peran besar dalam membentuk tradisi intelektual dan budaya. Kelas-kelas yang diajarkan di sana sangat berkonsentrasi pada ilmu agama dan hukum Islam, dengan fokus khusus pada tata bahasa dan linguistik Arab Klasik serta hukum Maliki.

Bangunan masjidnya sendiri menampilkan unsur-unsur dari berbagai periode sejarah Maroko, sehingga menjadi landmark arsitektur penting.

2. Universitas Bologna

Universitas tertua kedua di dunia adalah Universitas Bologna yang didirikan pada tahun 1088 di Bologna, Italia. Sebagai universitas tertua di Eropa, dan institusi pemberi gelar pertama di bidang pendidikan tinggi, universitas ini memainkan peran yang sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem hukum dan ilmiah modern.

3. Universitas Oxford

Universitas Oxford adalah universitas tertua ketiga di dunia, didirikan pada abad ke-12 di Oxford, Inggris. Kini menjadi pusat pembelajaran global yang terkenal.

Sebagai universitas perguruan tinggi, fungsi utamanya dibagi menjadi 44 perguruan tinggi tempat mahasiswanya tinggal dan bekerja. Perguruan tinggi tertua University College, Merton College, dan Balliol College, semuanya didirikan antara tahun 1249 dan 1264. Namun perguruan tinggi terbaru, Reuben College, baru didirikan pada tahun 2019, menunjukkan bagaimana universitas ini terus tumbuh dan berkembang selama berabad-abad.

4. Universitas Salamanca

Universitas tertua keempat di dunia adalah Universitas Salamanca yang didirikan pada tahun 1134 di Salamanca, Spanyol. 

5. Universitas Paris

Universitas Paris adalah universitas tertua kelima di dunia, didirikan sekitar tahun 1150 di ibu kota Perancis. Universitas ini terkenal sebagai pusat pembelajaran abad pertengahan, dan mempertahankan statusnya sebagai simbol pencarian intelektual.

6. Universitas Cambridge

Universitas tertua kedua di Inggris adalah Universitas Cambridge. Universitas ini didirikan pada abad ke-13 di Cambridge, Inggris. Selama berabad-abad, universitas ini mempunyai persaingan persahabatan dengan Universitas Oxford.

7. Universitas Al-Azhar

Universitas Al-Azhar adalah salah satu universitas Islam tertua di dunia, meskipun baru mencapai status universitas pada tahun 1961. Awalnya didirikan pada tahun 970 di Kairo, Mesir, Benua Afrika. Sejak itu memiliki pengaruh besar terhadap agama dan tradisi intelektual. 

Sebelum tahun 1961, Al-Azhar diklasifikasikan sebagai madrasah, pusat pendidikan tinggi. Setelah sebagian besar disebut sebagai universitas keagamaan. Mata kuliah seperti Bisnis, Ekonomi, Teknik dan Kedokteran diperkenalkan pertama kali ketika Al-Azhar memperoleh status universitas pada tahun 1961.

8. Universitas Padua

Universitas Padua didirikan pada tahun 1222 di Padua, Italia, dan mempertahankan reputasi sebagai pusat pendidikan kedokteran terkemuka setelah perannya yang penting dalam memajukan pengetahuan ilmiah pada periode Renaisans.

9. Universitas Montpellier

Universitas Montpellier didirikan pada tahun 1289 di Montpellier, Prancis, dan terkenal karena kontribusinya pada bidang pendidikan kedokteran. Fakultas Kedokterannya adalah sekolah kedokteran tertua di dunia yang masih beroperasi.

10. Universitas Napoli Federico II

Salah satu universitas negeri tertua di dunia adalah Universitas Naples Federico II. Universitas ini didirikan pada tahun 1224 dan telah memberikan kontribusi besar pada berbagai disiplin ilmu, termasuk filsafat, hukum, dan ilmu alam.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement