Kamis 23 May 2024 18:03 WIB

Ini Kenangan Ridwan Kamil ke Mantan Bupati Acep Purnama: Saya Bersaksi Almarhum Orang Baik

Acep kerap berdiskusi dengan Emil untuk membahas pembangunan Jabar

Red: Arie Lukihardianti
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Febryan A
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil turut melayat langsung mantan Bupati Kuningan dua periode, Acep Purnama yang meninggal karena sakit di RS Immanuel, Kota Bandung, Kamis (23/5/2024).

Pria yang akrab disapa Emil tersebut, mengucap duka cita yang mendalam atas meninggalnya Acep yang merupakan sahabat baiknya. Terutama, dalam membangun Jawa Barat khususnya dari Kuningan, saat dirinya menjabat sebagai Gubernur Jabar. 

Baca Juga

"Pak Acep Purnama Bupati Kuningan, beliau insya Allah husnul khatimah, saya bersaksi juga beliau orang baik," ujar Emil kepada wartawan.

Selama almarhum menjadi bupati, kata Emil, Acep kerap berdiskusi dengan dengannya untuk membahas pembangunan Provinsi Jawa Barat, khususnya di wilayah Kuningan. Adapun momen paling diingatkan saat membangun Alun-alun Kuningan di tahun 2022. 

"Puncak persahabatan kami itu ya pada saat peresmian Alun-alun Kuningan, menandakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pemprov Jabar saat itu sangat-sangat harmonis," katanya. 

Emil pun turut mendoakan agar almarhum diampuni seluruh dosa-dosanya. Keluarga yang ditinggalkan, diharapkannya dapat diberikan ketabahan dan kesabaran atas meninggalnya almarhum. "Saya juga mendoakan, ibu Ika keluarga diberi kekuatan kesabaran ya, dan juga keluarganya. Mudah-mudahan diampuni dosa-dosanya dan diteriman iman islamnya," katanya.

Acep Purnama meninggal di usia 64 tahun. Mantan Bupati Kuningan dua periode itu meninggal karena mengalami sakit jantung di RS Immanuel, Kota Bandung pada Kamis (23/5/2024) siang. 

Acep dilantik menjadi Bupati Kuningan menggantikan Hj. Utje Choeriah Suganda, S.Sos, M.AP pada sisa masa jabatan 2016-2018, dan kembali terpilih menjadi Bupati Kuningan pada pemilihan kepala daerah tahun 2018 bersama H. M. Ridho Suganda, M.Si.

Almarhum meninggalkan seorang istri Hj. Ika Siti rahmatika, SE, 5 orang anak dan 4 orang cucu. Beliau pernah menjabat sebagai wakil ketua DPRD, Ketua DPRD tahun 1994-1999, Wakil Bupati Kuningan tahun 2013-2016, Bupati Kuningan Tahun 2016-2018, dan Bupati Kuningan 2018-2023.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement