Selasa 28 May 2024 10:12 WIB

Di Tubir Konflik, Begini Perbandingan Kekuatan Militer Mesir dan Israel

Kekuatan militer Mesir dan Israel relatif seimbang.

Red: Fitriyan Zamzami
Kendaraan militer lapis baja tentara Mesir ditempatkan di depan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, di Rafah, 12 November 2023.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Kendaraan militer lapis baja tentara Mesir ditempatkan di depan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, di Rafah, 12 November 2023.

Oleh Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Baku tembak antara tentara Mesir dan tentara pasukan penjajahan Israel di perbatasan Rafah memicu kekhawatiran soal meluasnya konflik di Timur Tengah menyusul serangan brutal Israel ke Gaza. Bagaimana perbandingan militer kedua negara tersebut?

Baca Juga

Dilansir Global Fire Power, kekuatan militer kedua negara sedianya tak sedemikian jauh berbeda. Israel sejauh ini memiliki poin Power Index 0,2596 sementara Mesir pada 0,2283. MEsir secara peringkat adalah kekuatan militer terbesar ke-15 dunia sementara Israel hanya terpaut dua tingkat dibawahnya pada peringkat ke-17. 

Warga yang bisa dikerahkan Mesir untuk berperang tercatat sekitar 45 juta orang. Dari jumlah itu, sebanyak 37,7 juta laik tempur. Sementara kekuatan manusia Israel sekitar 3,8 juta personel dengan 3,15 juta laik tempur. Rasio yang lebih tinggi pada militer Israel ini karena semua warganya diharuskan mengikuti wajib militer.